Menang Angka Mutlak atas Anthony Joshua, Usyk Juara Baru Kelas Berat

Menang Angka Mutlak atas Anthony Joshua, Usyk Juara Baru Kelas Berat
MMA Fighting

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Oleksandr Usyk mengalahkan Anthony Joshua usai menang angka mutlak dalam duel tinju perebutan gelar juara dunia kelas berat di Stadion Tottenham Hotspur, London, Inggris, Ahad (26/9/2021) dini hari WIB.

Usyk dinyatakan sebagai juara dunia baru versi WBA, WBO, IBF, dan IBO mengacu keputusan tiga juri. Tiga juri memberikan angka 117-112, 116-112, 115-113 untuk kemenangan Usyk.

Duel Joshua vs Usyk berjalan imbang di ronde pertama dan kedua. Kedua petinju sama-sama kerap tukar pukulan di dua ronde awal.

Di ronde ketiga, Usyk menunjukkan penampilan yang lebih meyakinkan. Satu hook kiri dari Usyk bahkan sempat membuat Joshua goyah.

Memasuki ronde keempat, Joshua tampil lebih baik. Pukulan kombinasi yang coba dilancarkan Joshua cukup merepotkan buat Usyk.

Ritme permainan di ronde keempat mampu dilanjutkan Joshua di dua ronde berikutnya. Pukulan kombinasi tetap jadi andalan Joshua untuk membongkar pertahanan Usyk.

Usyk bangkit di ronde ketujuh. Dua pukulan telak yang dilepaskan Usyk berhasil mengenai wajah Joshua dengan telak. Sedangkan Joshua tampak kesulitan untuk melepaskan pukulan telak ke arah Usyk.

Pertarungan berjalan semakin sengit memasuki empat ronde tersisa. Usyk terus berupaya mendaratkan pukulan ke wajah Joshua, begitu juga dengan Joshua yang terus berupaya mendaratkan pukulan bersih ke arah Usyk.

Usyk terus memburu Joshua yang terlihat mulai kepayahan. Bahkan di ronde ke-12, dominasi pertarungan sepenuhnya menjadi milik Usyk. Petinju asal Ukraina itu melepaskan pukulan kombinasi ke badan dan wajah Joshua yang membuat petinju asal Inggris itu goyah.

Penampilan meyakinkan yang ditunjukkan Usyk pun berbuah kemenangan. Ia dinyatakan menang angka mutlak oleh tiga juri sekaligus merampas gelar yang sebelumnya dimiliki oleh Joshua.