Menag Dukung Bandara Radin Inten Jadi Embarkasi Haji Penuh

Menag Dukung Bandara Radin Inten Jadi Embarkasi Haji Penuh

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi, mendukung rencana peningkatan status Bandara Radin Inten II di Provinsi Lampung dari sebelumnya embarkasi antara menjadi embarkasi haji penuh.

“Di Sumatera, Lampung adalah dua terbanyak setelah Sumatera Utara. Saya sangat mendukung adanya peningkatan status embarkasi haji di Lampung,” ujar Menag RI Fachrul Razi, di Bandarlampung, Selasa (11/8/2020).

Ia mengatakan, embarkasi haji penuh di Lampung saat ini masih dalam tahap perizinan kerjasama dengan pemerintah Arab Saudi. Terkait hal itu, Kementerian Agama mengupayakan kerjasama tersebut rampung di 2020.

Menurutnya, Lampung menjadi salah satu penyumbang jumlah jamaah hari di Pulau Sumatera yang cukup banyak, sehingga dengan adanya embarkasi haji penuh maka semua akan menjadi lebih mudah.

Untuk mewujudkan hal tersebut perlu koordinasi lebih lanjut untuk menuntaskan seluruh persyaratan penunjang kenaikan status menjadi embarkasi haji penuh.

Terkait persyaratan, Kepala Kanwil Kemenag Lampung, Juanda Na’im mengatakan, sudah banyak persyaratan yang telah dipenuhi untuk menjadi embarkasi haji penuh tersebut.

Dia menyebut, asrama haji memiliki daya tampung 945 jemaah dengan 154 kamar di 6 gedung. Asrama haji juga saat ini memiliki 4 aula dengan total kapasitas 1300 orang.

Lampung, jelas dia, sudah memberangkatkan 7.445 jemaah haji dengan 19 klaster. Jumlah itu, menurutnya, sudah memenuhi syarat untuk menaikan status menjadi embarkasi penuh.

Selain itu, Bandara Radin Inten II juga kini telah berstatus internasional sehingga memungkinkan untuk melakukan perjalanan langsung. Bahkan, bandara telah melakukan perjalanan umrah langsung menuju Jeddah. (Jo)