Hukum

Memprihatinkan, Pengguna Pil Koplo di Kalangan Pelajar Makin Meningkat

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Memprihatinkan, penggunaan narkoba jenis pil double L di kalangan pelajar di Surabaya, kian mengkhawatirkan. Selama dua tahun terakhir, berdasarkan catatan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Surabaya, jumlah pengguna narkoba pada pelajar meningkat sekitar 16 persen.

Kepala BNNK Surabaya AKBP Suparti mengatakan mirisnya, narkoba sudah masuk ke kalangan pelajar SD, dengan jenis narkoba yang ditemukan yaitu pil double L.

Dari data BNNK Surabaya, pada tahun 2016, ada 84 pelajar yang direhabilitasi. Kemudian pada 2017, jumlah tersebut mengalami peningkatan pada per Oktober 2017, sebanyak 101 pelajar yang terdiri dari 4 pelajar SD, 63 pelajar SMP dan 34 pelajar SMA.

“Kebanyakan yang dikonsumsi oleh pelajar adalah pil koplo berbagai jenis. Mungkin karena harganya lebih murah dari narkoba jenis sabu-sabu. Tapi ada juga yang ditemukan menggunakan sabu-sabu. Awalnya anak-anak itu ingin tahu. Terus ada yang mengenalkan pil koplo maupun narkoba, lalu mereka coba-coba,” kata Suparti, Minggu (8/4/2018).

Penyebab maraknya penggunaan narkoba di kalangan pelajar, kata Suparti, karena faktor lingkungan yang buruk dan pergaulan di luar sekolah.

Untuk itu, peran orang tua dalam mengawasi anak-anaknya sangat penting, terutama mengetahui dengan siapa mereka bergaul.

Suparti menambahkan pihak BNNK Surabaya akan bekerja sama dengan para stakeholder, untuk meningkatkan kewaspadaan peredaran narkoba, termasuk dengan para orang tua dan masyarakat di sekitar lingkungan rumah. Diharapkan, para orang tua bisa memberikan perhatian pada anak-anaknya.

Terkait tes urine, lanjutnya, BNNK Surabaya akan berkordinasi dengan pihak Pemkot. Setidaknya setiap seminggu sekali, mereka akan rutin menyambangi sekolah-sekolah secara acak.

Selain itu, pihaknya juga akan menggencarkan kegiatan sosialisasi terhadap pelajar, terkait bahaya narkoba.

“Saat ini, kami juga tengah fokus mengawasi peredaran vapor yang bisa membuat para pelajar kecanduan. Kami sangat prihatin dan khawatir atas temuan itu. Selain itu, peredaran pil koplo dan narkoba juga tetap kami pantau dan tindak,” tuturnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close