Lintas Daerah

Membuka FB Sama Dengan Membuka Data Pribadi

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Masyarakat luas diingatkan, setiap membuka medsos termasuk Facebook berarti membuka pintu privasi yang ada di media sosial tersebut.

Hal itu disampaikan pakar forensika digital Universitas Islam Indonesia, Yudi Prayudi, Jumat (6/4/2018).

Menurut dia, memang banyak yang menyadari agar data-data itu tidak mudah dialihgunakan dan disalahgunakan oleh pihak lain dengan cara memasang proteksi.

“Namun secara tidak sadar, dengan teknik pengambilan data tertentu maka semua aktivitas yang kita lakukan dalam Facebook, atau bahkan melalui aplikasi lain yang juga tersambung dengan facebook, maka data-data kita secara diam-diam diolah oleh internal Facebook,” jelasnya.

Data yang diolah memang tidak sampai pada data-data pribadi, namun lebih mengarah pada aktivitas dan kecenderungan pribadi.

“Aktivitas dan kecenderungan pribadi ini didapat dengan cara mengolah data dari foto dan video yang kita upload, like yang berikan, komentar yang kita berikan, check ini yang kita lakukan,” katanya.

“Mesin pengolah data Facebook demikian hebatnya dan dapat diibaratkan sebagai tentakel dari sebuah gurita yang mencengkeram data pribadi kita. Mesin inilah yang memberikan hasil korelasi data yang diberikan oleh user Facebook melalui akunnya masing-masing,” jelasnya.

Bahkan dalam statemen yang lebih ekstrim, lanjut Kepala Pusat Studi Forensika Digital Universitas Islam Indonesia itu, Facebook melakukan proses tracking user sedemikian rupa walaupun user tidak lagi aktif menggunakan Facebook. 

Hal ini, katanya, dapat dilakukan karena ternyata usermenggunakan beberapa aplikasi yang akunnya terkait dengan akun yang digunakan untuk Facebook.

“Cara paling aman dan ideal untuk memotong tentakel gurita data untuk privacy kita di Facebook hanya dengan cara menghapus akun kita di Facebook dan mengganti akun pada aplikasi lain yang tersambung sebelumnya dengan Facebook,” ujarnya.  

Menggunakan jurus pamungkas amputasi akun Facebook dan buat identitas akun baru di untuk aplikasi lainnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close