Membaik, Menhub Budi Karya Serukan Lawan Covid-19

Membaik, Menhub Budi Karya Serukan Lawan Covid-19

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pasca dinyatakan positif terjangkit virus corona (Covid-19) pada 14 Maret 2020 kondisi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi semakin membaik.

Beredar video blog singkat yang disebarkan pertama kali oleh Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi berisi percakapan antara Menhub dengan dokter rehabilitasi mediknya. Menhub terbaring di ruang isolasi dengan menggunakan masker bersama dr. Kapten Maulidi Abdillah sebagai dokter rehab medik yang menggunakan alat pelindung diri lengkap.

“Dokter Maulidi top banget, fisioterapisnya top. Alhamdulillah wasyukurilah, lawan Covid,” kata Budi sambil sesekali mengacungkan ibu jarinya dalam video tersebut, Selasa (31/3/2020).

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini juga menyampaikan kesan dan pesan selama dirawat di RSPAD Gatot Soebroto. Keduanya, bahkan berjanji untuk ngopi bareng atau minum kopi santai di salah satu kedai yang cukup dikenal di Palembang.

“[Selama] dirawat, RSPAD oke banget. Orangnya kompeten berdedikasi dan kerjanya tekun membantu pasien. Lawan Covid-19, harus menang,” tutur Budi.

Menhub telah dapat berkomunikasi dengan baik dan mengobrol santai bersama dengan dokter tersebut dengan bahasa Palembang, kota asal kelahiran Budi Karya.

Hingga saat ini, Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi Adita Irawati belum memberikan keterangan soal kondisi terakhir Budi Karya.

Sebelumnya, Adita mengatakan kondisi Menhub Budi Karya berangsur membaik dengan hasil rontgen organ vital juga menunjukkan tanda-tanda perbaikan. Terkait dengan hal detail lainnya yakni suhu tubuh, Adita menyatakan tidak mengetahui secara pasti.

Dia menyatakan, pihaknya tidak bisa setiap hari membagikan informasi terkait dengan kondisi Menhub karena pihak keluarga dan Rumah Sakit menjadi pihak yang paling berwenang untuk menyampaikannya.

Budi Karya dinyatakan positif Covid-19 dan menjadi pasien ke-76 sejak pertengahan Maret 2020. Dia selama 2 pekan sebelumnya diketahui tidak menghadiri banyak kegiatan di Kemenhub maupun Istana Kepresidenan. (WS)