Internasional

Memanas, Pesawat China Terobos Selat, Taiwan Kerahkan Jet Tempur

JAKARTA, SENAYANPOST.com — Beberapa pesawat militer China melintasi wilayah udara Taiwan, Senin (10/2/2020).

Taiwan merespon pemyerobotan wilayah udara ini dengan mengerahkan sejumlah jet tempur.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan pesawat pengebom China H-6 dan pesawat yang mendampinginya sempat melintasi garis tengah di Selat Taiwan secara singkat.

“Pesawat itu kembali ke wilayah udara China setelah sejumlah jet tempur kami mengambil langkah responsif dan langkah pencegatan yang tepat hingga memberikan peringatan untuk pergi,” kata Kemhan Taiwan melalui pernyataan.

Meski begitu, Kemhan Taiwan tak menyebutkan berapa jumlah pesawat militer China yang melintasi wilayahnya.

Dikutip AFP, ini adalah kedua kalinya jet tempur China melintasi garis tengah Selat Taiwan yang membagi daratan China dengan Taipei.

Pada Maret lalu, dua jet tempur J-11 China melintasi garis tengah Selat Taiwan untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir. Insiden itu mendorong Taipei menyatakan Beijing melanggar perjanjian lantaran bertindak “sembrono dan provokatif”.

China memang telah mengerahkan sejumlah jet tempur dan kapal perangnya untuk melintas dekat Taiwan, terutama sejak Presiden Taiwan Tsai Ing-wen memerintah pada 2016 lalu.

Pada Desember lalu sebelum pemilihan umum Taiwan digelar, kapal induk pertama buatan China berlayar melewati Selat Taiwan untuk kedua kalinya.

Sejak Tsai menjabat, relasi Taiwan-China memang terus merenggang sebab presiden pro-demokrasi itu berkeras menolak bersatu dengan China. Sementara itu, China menganggap Taiwan sebagai wilayah kedaulatan mereka. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close