Internasional

Melbourne Lockdown Mulai Besok, Kasus Covid-19 Meroket Lagi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pemerintah Kota Melbourne memerintahkan ratusan ribu orang warganya untuk tinggal di rumah. Hal ini karena ada lonjakan kasus terkait penyakit Covid-19 yang tinggi di negara bagian Victoria, Australia, Selasa (30/6/2020).

Negara bagian Victoria mencatat tambahan 233 kasus terjangkit sejak Kamis lalu. Sebagian besar muncul di kota terbesar kedua di Australia, yakni Melbourne.

Perdana Menteri Victoria Daniel Andrews mengatakan, lebih dari 30 lingkungan di Melbourne akan dikunci (lockdown) mulai Rabu (1/7/2020) tengah malam waktu setempat hingga 29 Juli mendatang.

“Ini adalah langkah luar biasa,” kata Andrews, sebagaimana dikutip dari AFP.

“Ini adalah sifat dari virus, sangat menular. Jika kita tidak mengambil langkah ini, kita akan menyelesaikan situasi dengan mengunci seluruh wilayah. Saya tidak ingin sampai ke titik itu,” lanjutnya.

Sebagian besar lonjakan kasus Covid-19 di Melbourne terkait dengan oknum staf yang melanggar protokol pengendalian virus di hotel-hotel khusus karantina warga Australia yang kembali dari luar negeri.

Area yang diberlakukan aturan lockdown adalah rumah bagi lebih dari 300.000 orang. Penduduk akan diizinkan meninggalkan rumah hanya untuk bekerja atau sekolah, berolahraga, atau membeli makanan dan barang-barang penting lainnya.

Dikerahkan juga polisi dan petugas untuk menghentikan kendaraan yang akan masuk ke wilayah Melbourne yang memiliki sekitar lima juta penduduk.

Lebih lanjut, sebagai upaya mengendalikan penyebaran virus, Andrews mengatakan telah meminta Perdana Menteri Australia Scott Morrison untuk mengalihkan penerbangan internasional menuju Melbourne ke kota-kota lain di Australia.

Dengan 25.498.156 populasi, Australia kini memiliki 7.836 kasus terjangkit, bertambah 69 kasus dalam sehari. Sedangkan angka kematian ada 104 kasus, dan 7.008 pasien berhasil sembuh, menurut data Worldometers.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close