Meksiko Buka 200 Bioskop di Saudi

Meksiko Buka 200 Bioskop di Saudi
Gedung bioskop yang dikelola Cinepolis mulai dibuka di Arab Saudi. Foto/Arabian Business

RIYADH, SENAYANPOST.com - Perusahaan Meksiko, Cinepolis, bakan membuka 200 bioskop di Arab Saudi dalam dua tahun mendatang.

Langkah itu dilaporkan media lokal di tengah upaya Saudi mengalihkan ekonominya dari ketergantungan pada minyak bumi.

Cinepolis baru-baru ini membuka dua bioskop baru di kota Jeddah dan Dammam di Arab Saudi sebagai bagian dari "Saudi Vision 2030" kerajaan untuk mendiversifikasi ekonomi yang selama ini bergantung pada minyak.

"Bekerja sama dengan Al-Hokair Group Arab Saudi dan mitra regional kami di Uni Emirat Arab, Al-Tayer Group, kami akan menginvestasikan USD300 juta selama lima tahun untuk mengoperasikan bioskop di seluruh kerajaan," ungkap CEO Cinepolis Gulf Alejandro Aguilera kepada kantor berita SPA yang dikutip Sindonews.

Dia menambahkan proyek tersebut bertujuan menawarkan kesempatan kerja lebih banyak pada warga negara Saudi.

"Cinepolis bangga dapat berkontribusi pada Visi 2030 kerajaan dengan memberikan pengalaman tak tertandingi kepada penonton bioskop karena Arab Saudi meningkatkan budaya dan hiburannya," ungkap Aguilera.

Visi 2030 Saudi dilakukan dengan membuka berbagai sektor pada investasi asing. Saudi juga mendorong konsumsi dalam negeri untuk meningkatkan perekonomian yang terdampak Covid-19.