Internasional

McKinsey: Asia jadi Macan Dunia

JAKARTA, SENAYANPOST.com – McKinsey, perusahaan konsultan manajemen multinasional, mengisyaratkan kebangkitan Asia sebagai motor penggerak ekonomi dunia. Indikatornya, konsumsi, modal, dan arus perdagangan melonjak drastis dalam 30 tahun terakhir.

Bahkan, dalam beberapa dekade mendatang, ekonomi Asia diperkirakan memimpin ekonomi dunia. “Pertanyaannya bukan lagi seberapa cepat Asia akan bangkit, tetapi bagaimana Asia akan memimpin,” tulis McKinsey Global Institute: Asia’s Future is now yang dirilis Juli 2019.

Pada tahun 2000, menurut catatan McKinsey, Asia menyumbang hanya sepertiga dari Produk Domestik Bruto (PDB) dunia. Namun, pertumbuhannya yang cepat mendorong potensi Asia mencapai 50 persen pada 2024 mendatang.

Pada periode tersebut, Asia juga diyakini akan berkontribusi sebesar 40 persen dari total konsumsi di dunia. “Asia tidak hanya membuat kemajuan ekonomi, tetapi juga melangkah cepat dalam pengembangan manusia, dengan rentang hidup yang lebih panjang dan pengguna internet yang melonjak,” tulisnya.

McKinsey menilai kebangkitan Asia tersebut tidak cuma mengangkat ratusan juta orang dari jebakan kemiskinan, tetapi juga meningkatkan standar hidup masyarakat. Kendati demikian, McKinsey mengingatkan kantong kemiskinan dan tantangan pembangunan masih ada.

Seperti diwartakan cnnindonesia, laporan McKinsey itu dilakukan berdasarkan penelitian terhadap 71 negara berkembang. Sebanyak 18 negara di antaranya bahkan menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan konsisten.

Beberapa negara Asia juga berhasil mendorong pendapatan masyarakat mereka naik kelas ke kelompok menengah. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close