Mayjen TNI Marinir (Purn) H Yussuf Solichien jadi Ketum PKPI Hingga 2026

Mayjen TNI Marinir (Purn) H Yussuf Solichien jadi Ketum PKPI Hingga 2026

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Setelah Diaz Hendropriyono mengundurkan diri dari Ketum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), pada Selasa (25/5/2021) kemarin PKPI menggelar Musawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di Jakarta.

Pada Munaslub itu, ada dua calon yang diposisikan jadi ketua umum, yaitu Plt Ketum PKPI Sunan Kalijaga dan Mayjen TNI Marinir (Purn) Dr H Yussuf Solichien.

Dari hasil Munaslub PKPI 2021 yang dihadiri Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) PKPI se-Indonesia itu terpilih sebagai Ketum PKPI adalah Mayjen TNI Marinir (Purn) Dr H Yussuf Solichien.

“Sah, yang menjadi Ketua Umum PKP bapak Mayjen TNI Marinir (Purn) Dr H Yussuf Solichien periode 2021 – 2026, sedangkan bapak Sunan Kalijaga sebagai Ketua Harian PKP,” kata Panitia Munaslub 2021 dalam ketuk palu, Selasa sore.

Hal itu juga tampak disepakati oleh senior Dewan Pembina PKPI Tri Sutrisno dan AM Hendropriyono dalam sambungan virtual terhadap rapat Munaslub PKPI.

Setelah diputuskan, selanjutnya tampak dalam virtual mantan Ketum PKPI Diaz Hendropriyono menyerahkan bendera panji PKPI ke Ketua Umum PKP Mayjen TNI Marinir (Purn) Dr H Yussuf Solichien

PKPI Jadi PKP

Sebelum pemilihan Kktum, para pengurus PKPI di DPN menyampaikan logo dan nama Partai keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) kini diganti menjadi partai PKP.

“Nama partai kita rubah tidak lagi PKPI namun menjadi PKP (Partai Keadilan dan Persatuan), jadi logonya nanti agak ada perubahan karena pergantian nama parta kita,” kata salah satu panitia dalam Munaslub tersebut

Siapa Mayjen TNI Marinir (Purn) Dr H Yussuf Solichien

Dilansir dari Wikipedia, Mayor Jenderal TNI Mar (Purn) H. Yussuf Solichien. M, M.B.A, M.Si, Ph.D. (lahir di Jakarta, 8 Maret 1950; umur 71 tahun) adalah seorang purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan Laut. Ia merupakan Alumni S2 Master Of Busines Adm, USA 1998, sebelumnya menjabat Komandan Kodikal.

Yussuf Solichien, merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-19 tahun 1973 ini berasal dari Korps Marinir (Denjaka). Sebagian besar waktunya dihabiskan di lingkungan Korps Marinir. Yussuf Solichien yang berkualifikasi Intai Amfibi ini adalah orang pertama yang masuk pasukan elit anti-teror TNI AL Detasemen Jala Mengkara pada tahun 1986, saat masih berpangkat Mayor.

Diketahui, Yussuf Solichien juga kini menduduki sebagai Ketua Umum Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) periode 2018 – 2023. (Jo)