Tak Berkategori

Masyarakat Tolak Cawabup Kulonprogo dari Luar Daerah

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Warga Kulonprogo yang tergabung dalam Perkumpulan Masyarakat Kulonprogo Gerbang Bintang Selatan menolak wakil bupati yang berasal dari luar Kulonprogo.

Ketua Gerbang Bintang Selatan, Minarta Gendut, Jumat (22/11/2019) mengemukakan, keududukan sebagai warga Kulonprogo itu harus dibuktikan dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang berlaku yang menunjukkan alamat Kulonprogo.

Saat ini partai-partai koalisi di Kulonprogo, PDIP, PAN, Partai Golkar, PKS, Partai NasDem, dan PPP tengah mempersiapkan nama yang akan diajukan sebagai Wakil Bupati Kulonprogo menggantikan Sutedjo.

Sedangkan Sutedjo (Wakil Bupati) pada 7 november lalu dilantik menjadi Bupati menggantikan Hasto Wardoyo.

“Karenanya partai-partai inilah yang kemudian berhak menentukan siapa yang akan diajukan menjadi Wakil Bupati,” katanya.

Minarta menambahkan dari delapan nama yang terjaring sebagai bakal calon wakil bupati, lima orang ber-KTP Kulonprogo dan tiga lainnya ber-KTP luar Kulonprogo.

Dari delapan nama tersebut, ujarnya, lima nama diketahui ber-KTP Kabupaten Kulonprogo dan tiga lainnya ber-KTP luar Kabupaten Kulonprogo.

“Yang ber-KTP Kulonprogo adalah Sumanta, Fajar Gegana, H Bambang Ratmaka, Anton Supriyono dan Eko Susanto,” ujarnya.

Sedangkan tiga nama lainnya, Agus Langgeng Basuki, Yoeke Indra Laksana dan Fidelis Diponegoro. Ia meminta agar nama yang diajukan ke DPRD untuk ditetapkan sebagai Wakil Bupati menggantikan Sutedjo adalah yang ber-KTP Kulonprogo.

Selain itu, Gerbang Bintang Selatan berharap agar dalam menetapkan nama yang akan diajukan nantinya mengedepankan kepentingan dan kemaslahatan masyarakat Kulonprogo, menjunjung etika politik dan hukum serta keberdaban. (AS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close