Masyarakat Surabaya Antusias Sambut Fenomena Halo Matahari

Masyarakat Surabaya Antusias Sambut Fenomena Halo Matahari
Ilustrasi

SURABAYA, SENAYANPOST.com - Fenomena matahari cincin atau halo matahari muncul di langit Surabaya hari ini (15/11/2020). 

Masyarakat pun antusias keluar rumah untuk melihat langsung. Mereka pun mengabadikan momen tersebut.

Salah satu warga, Dentin Wahyuningsih mengatakan melihat halo matahari ini sekitar pukul 10.20 WIB di daerah Rungkut Surabaya. Dentin langsung memotret fenomena ini menggunakan ponselnya.

"Tadi awalnya lihat warga pada keluar ramai-ramai, terus penasaran ikut keluar juga ternyata lagi ada halo matahari," kata Dentin dikutip detikcom di Surabaya, Minggu (15/11/2020).

Fenomena Matahari Bercincin Terjadi di Langit Jatim
Sementara fenomena matahari berhiaskan cincin ini juga terlihat di Kota Sidoarjo. Di sini, para warga juga antusias melihat langsung fenomena halo matahari tersebut.

"Mataharinya kerasa beda hari ini, agak teduh gitu. Nggak sengaja saya lihat kok ada cincinnya, langsung saya foto-foto," imbuh warga Sidoarjo, Lely Purnama.

Diketahui, halo matahari merupakan fenomena optis berupa lingkaran cahaya yang mengelilingi matahari. Peristiwa ini terjadi karena adanya refleksi dan pembiasan sinar matahari oleh awan cirrus yang sangat dingin di atmosfer.