Olahraga

Masyarakat Diajak Manfaatkan Asian Games

SUMSEL, SENAYANPOST.com – Seluruh lapisan masyarakat di Provinsi Sumatera Selatan diajak untuk memanfaatkan Asian Games karena kegiatan itu dapat meningkatkan perekonomian.

“Peluang ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Karena Asian Games dapat meningkatkan perekonomian,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Sumsel, Ahkmad Najib, di Palembang, Kamis (12/7/2018).

Ia mengatakan, masyarakat harus dapat membaca kondisi tersebut. Sebab, pesta olahraga internasional itu menjadi penggerak perekonomian yang cukup luar biasa. Umpamanya, pembuatan suvenir dan kuliner khas daerah dapat menjadi peluang usaha dalam meningkatkan perekonomian rakyat.

Terlebih, sesudah Asian Games juga akan digelar berbagai kejuaraan, maka Palembang akan semakin dan rutin dikunjungi masyarakat, baik dari berbagai provinsi maupun luar negeri. Karenanya, ia mengajak seluruh masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pesta olahraga yang diikuti atlet dari 45 negara tersebut.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, minta masyarakat dapat menarik manfaat sebesar-besarnya kegiatan olahraga yang akan membawa dampat positif terhadap pertumbuhan ekonomi tersebut. “Manfaarkan Asian Games karena sayang bila tidak dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian,” kata gubernur.

Selain dampak ekonomi seluruh pembangunan di daerah ini diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja karena arus pekerja tidak hanya di Palembang melainkan seluruh Sumsel.

“Jadi dampak Asian Games bukan hanya di Palembang tetapi juga di seluruh daerah di Sumsel,” ujar dia.

Diketahui, untuk menyemarakkan ajang multicabang olahraga antarnegara Asia itu di Palembang, 18 Agustus-2 September 2018, pawai obor Asian Games yang dilaksanakan pada 4 Agustus 2018 pukul 09.00 WIB dengan start di mulai dari Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang, direncanakan melintasi tujuh kabupaten di Sumatera Selatan.

Ketujuh kabupaten/kota di Sumsel yang dilalui pawai obor tersebut adalah Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin (Muba), Penungkal Abad Lematang Ilir (PALI), Kota Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir (OI), dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Pawai Obor Asian Games di Sumsel diperkirakan akan berlangsung meriah. Sebab, sejumlah kabupaten yang dipilih terbilang cukup mewakili Sumatera Selatan. Selain itu, pergerakan rute akan dimulai dari Kota Palembang hingga perbatasan Provinsi Lampung.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close