Metropolitan

Masuki Masa Transisi, Ini Detail Pembukaan Kegiatan di Jakarta

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta diperpnajang dengan menjadikan bulan Juni sebagai masa transisi fase pertama. Sejumlah kegiatan bakal diizinkan untuk dibuka kembali namun dengan penjadwalan.

“Ini adalah detail pembukaan tiap-tiap kegiatan di masa transisi ini. Jadi ini jadwal pembukaan masa transisi fase 1. Tempat dan kegiatan ini ada daftarnya,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis (4/6/2020).

Jadwal ini dibagi menjadi 4 pekan. Pekan pertama adalah tanggal 5-7 Juni, pekan kedua dari 8-14 Juni, pekan ketiga berlangsung sejak 15-21 Juni dan pekan terakhir 22-28 Juni.

Aktivitas 11 sektor yang selama ini sudah diizinkan beroperasi saat PSBB bisa diteruskan. Di masa transisi ini, ada beberapa yang ditambahkan.

“Pertama tempat dan kegiatan ibadah. Kegiatan keagamaan sudah bisa dimulai pada pekan pertama. Ini adalah pekan pertama. Kalau kita lihat di sini ini ada 4 pekan. Pekan pertama Juni, pekan kedua, pekan ketiga, pekan keempat. Ada hari kerja Senin sampai Jumat, lalu ada hari akhir pekan Sabtu dan Minggu,” sebutnya.

“Kita membagi kegiatan-kegiatan ini berdasarkan urutan pengendalian pergerakan penduduk. Kalau kita lihat, mulai besok kegiatan beribadah sudah mulai bisa dilakukan. Jadi masjid, musala, kemudian gereja, vihara, pure kemudian kelenteng semua sudah bisa mulai membuka tapi hanya untuk kegiatan rutin. Saya akan jelaskan detailnya, mulainya besok dan harus ikuti prinsip-protokol kesehatan,” paparnya.

Meski demikian, ada pembatasan jumlah peserta di tiap kegiatan atau tempat yang diizinkan beroperasi selama masa transisi PSBB DKI.

“Rumah ibadah bahwa nomor 1, jumlah peserta kegiatan ibadah 50 persen. Dalam ruangan itu 50 persen. Kalau kapasitas 200, hanya boleh 100,” ujarnya.

Berikut ini jadwal lengkap pembukaan kegiatan di fase transisi PSBB DKI bulan Juni:

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close