Travel

Masuk Venesia Tak Lagi Gratis Mulai Juli 2020

VENESIA, SENAYANPOST.com – Akhirnya Venesia menetapkan pajak untuk turis yang datang ke kotanya. Itu berlaku mulai 1 Juli 2020.

Turis yang berkunjung ke Venesia akan dikenakan pajak harian dengan tarif antara 3 Euro sampai 10 Euro per hari. Jika dirupiahkan sekitar Rp 47 ribu sampai Rp 157 ribu.

Aturan ini mulai berlaku pada 1 Juli 2020. Turis yang dikenakan pajak adalah mereka yang datang ke Venesia menggunakan bus, perahu, kapal pesiar, pesawat, atau kereta dengan tarif yang dibayarkan tergantung pada kendaraan yang digunakan.

Meskipun begitu, tidak semua turis akan dikenakan pajak. Bagi turis yang datang dengan alasan akademis, pekerjaan, atau keluarga akan bebas dari pajak. Selain itu, turis yang menginap juga telah dikenakan pajak sebagai bagian dari biaya akomodasi mereka.

Walikota Venesia Luigi Brugnaro mengungkapkan tujuannya memberlakukan aturan ini untuk membantu pemerintah mengelola kawasan wisata itu. Selain itu, ia juga berharap aturan ini akan berdampak baik untuk penduduk Venesia.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas kehidupan para penduduk,” kata Brugnaro.

Pemberlakuan pajak ini berkaitan dengan isu kelebihan kunjungan wisatawan atau overtourism yang melanda Venesia. Saat ini kurang lebih 30 juta turis mengunjungi kota tersebut.

Padahal, jumlah penduduk asli Venesia hanya 55 ribu orang. Jumlah turis yang terlalu banyak ini kerap kali membawa efek buruk bagi penduduk setempat.

“Venesia harus dihormati dan orang-orang tidak sopan yang datang ke sini dan melakukan apa yang mereka inginkan harus memahaminya. Dengan bantuan polisi setempat, mereka akan dikenai sanksi dan dipindahkan,” ujar Brugnaro. (AR)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close