Tak Berkategori

Massa Rusak Tempat Penyelenggaraan Sedekah Laut

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Puluhan orang mengenakan tutup wajah dari kain mendatangi dan merusak tempat pelaksanaan upacara tradisi Sedekah Laut di Pantai Baru, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (12/10/2018).

Kapolres Bantul AKBP Sahad Hasibuan, Sabtu (13/10/2018) membenarkan kejadian tersebut. Menutut dia, massa datang sekitar pukul 23.45 WIB dan langsung melakukan perusakan serta mengobrak-abrik tempat yang akan digunakan untuk kegiatan.

Kapolres mengemukakan, polisi sudah diterjunkan untuk melakukan penyelidikan. “Meski belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka, polisi sudah mengamankan sembilan orang yang diduga terlibat,” katanya.

Menurut Kapolres massa penyerbu memasang sejumlah spanduk yang bertuliskan Menolak Semua Kisirikan, Berbau Budaya Sedekah Laut dan tulisan lainnya yang menolak pelaksanaan sedekah laut.

Pada lembar spanduk itu terdapat pula tulisan “ Aliansi PETA.”

Lebih jauh Sahad mengatakan informasi dari warga Pantai Baru, acara sedekah laut tersebut sempat diunggah di media sosial dan terjadi pertentangan yaitu antara yang setuju dan tidak setuju karena berbau sirik yang dilarang agama.

Namun, ujarnya, warga tidak menduga kalau kemudian akan membuahkan serangan yang membabi buta. “Yang jelas warga sekarang masih trauma,” katanya.

Hingga saat ini, Sahad belum dapat merangkaikan apakah kejadian ini sama dengan kejadian di Cilacap beberapa waktu sebelumnya yang memiliki alur kejadian yang identik.

“Alur kejadian masih dirangkai sehingga nantinya akan terkuak. Apakah kejadian di Pantai Baru sama dengan kejadian di Cilacap,” tuturnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close