Korupsi

Maskop Dukung Revisi UU KPK

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Masyarakat Kopi yang merupakan gabungan berbagai elemen masyarakat di Kota Yogyakarta, Rabu (11/9/2019) menggelar aksi demo di Titik Nol Kota Yogyakarta mendesak agar DPR RI segera merevisi UU KPK.

Koordinator Umum, Mulyadi, mengemukakan, sudah saatnya lembaga anti rasuah itu diperkuat dengan cara merevisi undang undang yang terkait dengan KPK.nMenurut dia sebagai lembaga negara, KPK memerlukan lembaga yang mampu mengawasi kinerja lembaga.

“Transparansi kinerja ini harus diketahui oleh masyarakat,” katanya.

Pembentukan lembaga atau dewan pengawas ini, ujarnya dapat dilakukan dengan merevisi unfang undang. Penempatan dewan atau lembaga pengawas sudah seharusnya diatur dengan undang undang. Undang Undang KPK yang ada selama ini tidak memberi ruang pembentukan dewan atau lembaga pengawas.

Ia juga menegaskan revisi UU KPK sama sekali tidak untuk melemahkan KPK tetapi justru memperkuat.
Isi RUU KPK imbuhnya juga akan mengubah strategi penegakan hukum anti korupsi sesuai dengan zaman dan perkembangan permasalahan.

“KPK harus profesional, independen, kuat, adil dan mengedepankan equality before the law. Kuncinya revisi UU KPK,” tegasnya.

Dalam aksi yang diikuti belasan orang ini mereka juga mendesak agar DPR segera menyelesaikan revisi undang undang agar secepatnya bisa diterapkan. (WS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close