Masker Elektronik LG ini Punya Daya Saring 99 Persen, Harganya?

Masker Elektronik LG ini Punya Daya Saring 99 Persen, Harganya?
Masker Elektronik LG

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Saat masker keberadaan sangat penting, pabrikan elektronik LG  menghadirkan inovasi perangkat pembersih udara atau air purifier yang dapat dibawa dan digunakan dimanapun, tak terkecuali saat Anda bepergian ke luar rumah.

Perangkat tersebut didesain layaknya masker dengan tambahan saringan udara khusus bernama PuriCare Wearable Air Purifier.

Perangkat tersebut bekerja menggunakan teknologi yang dikembangkan dari perangkat air purifier dalam ruangan besutan LG termutakhir. Salah satunya dengan menggunakan dua saringan udara H13 HEPA yang memiliki kemampuan menyaring partikel seukuran 0,3 mikron dengan daya saring diklaim hingga 99,97%.

Product Director Air Solution PT. LG Electronics Indonesia Han Changmin mengatakan PuriCare Wearable Air Purifier juga dibekali dengan Dual Fan yang memastikan penyaringan udara lebih baik dengan tiga tingkat kecepatan yang dapat diatur dan Respiratory Sensor mendeteksi siklus dan volume napas pemakainya.

Kolaborasi kerja kedua teknologi yang telah dipatenkan oleh LG ini membuat kipas bekerja dengan dinamika kecepatan putar secara otomatis. Kipas akan mempercepat rotasinya untuk membantu pemasukan udara saat pengambilan napas, disisi lain akan memperlambat putarannya untuk mengurangi hambatan saat menghembuskan napas.

“Hal ini membuat pernapasan berlangsung lebih alami seolah tak menggunakan perangkat. Memberikan kenyamanan pernapasan baik dalam aktivitas biasa bahkan saat beraktivitas berat seperti saat tengah berlari,” kata Changmin, Jumat (16/10).

Untuk mendukung kemampuan tersebut, PuriCare Wearable Air Purifier dilengkapi dengan baterai sebesar 820mAh. Baterai ini dapat menggerakkan kedua kipas selama 8 jam untuk pemakaian hemat daya. Sedangkan untuk daya yang lebih tinggi, perangkat tersebut dapat bertahan paling tidak selama dua jam.

Meski belum menyebut kepastian waktunya, namun Changmin menyebut bahwa PuriCare Wearable Air Purifier ini akan diluncurkan di Indonesia mulai akhir Oktober 2020. Demikian halnya dengan harga yang akan diumumkan saat peluncurannya nanti.

Masker yang menyaring udara dengan bantuan perangkat elektronik sebenarnya bukanlah barang baru. Karena sejak tahun lalu Purely telah meluncurkan masker KN95 yang mampu menyaring Partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2.5 mikron atau PM2,5.

Purely KN95 hadir dengan teknologi filtrasi serat nano electro, yang dikombinasikan dengan empat lapisan dan saluran udara khusus yang membuat aliran udara ke hidung tetap lancar. Terdapat juga kipas filter sehingga udara yang keluar masuk sangat segar dan mulut Anda menjadi tidak panas dan lembab.

Untuk mengaktifkan kipas tersebut, Purely KN95 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 550 mAh.

Produk yang masuk dalam ekosistem Xiaomi atau Xiaomi Ecosystem ini banyak dijual di platform dagang el di Tanah Air di rentang harga Rp250.000 hingga Rp400.000. Sayangnya, produk tersebut masuk ke Indonesia melalui distributor tidak resmi yang membuatnya tidak dilengkapi dengan garansi.