Nasional

Masjid Istiqlal Dibuka Kembali pada Idul Adha

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Masjid Istiqlal Jakarta rencananya akan dibuka kembali untuk umum pada Hari Raya Idul Adha tahun ini. Kepastian itu disampaikam langsung Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar.

“Insyaallah nanti kira-kira Idul Adha yang akan datang launching penggunaan Masjid Istiqlal secara terbuka,” kata Nasaruddin di halaman Masjid Istiqlal, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (3/6/2020).

Nasaruddin juga mengatakan saat ini pihaknya telah menyiapkan serangkaian protokol kesehatan jika nanti masjid dibuka kembali. Dia mengatakan saat ini Masjid Istiqlal masih dalam tahap renovasi dan belum diperkenankan untuk digunakan bagi publik.

“Sudah, kita sudah ada (protokol kesehatan). Tapi, nanti ya, ini kan belum terbuka untuk umum. Insyaallah Juli nanti,” sebutnya.

“Karena ini sekarang bukan karena COVID-nya belum beres, tapi kalaupun hari ini dibebaskan orang ke masjid untuk pergi salat, kami tetap tutup, karena renovasi Masjid Istiqlal belum selesai,” imbuhnya.

Nasaruddin menambahkan, pihaknya telah melaporkan kondisi terkini Masjid Istiqlal dan alasan belum dibuka secara umum kepada Presiden Jokowi hari Selasa kemarin. Dia meyebutkan demi kenyamanan dan keamanan masyarakat, maka pembukaan kembali masjid menunggu renovasi selesai secara 100%.

“Kami juga sudah laporkan dengan Bapak Presiden kemarin, mohon izin Bapak Presiden, walaupun tempat lain sudah buka, kami belum karena tempat parkirnya belum tersedia, kabel-kabelnya masih berseliweran di mana-mana. Takutnya ada kecelakaan, semuanya belum rapi sekarang,” ujar Nasaruddin.

Untuk diketahui, usai melakukan pengecekan langsung terkait renovasi Masjid Istiqlal, Presiden Jokowi mengatakan rencana dibukanya kembali Masjid Istiqlal akan dilakukan pada bulan Juli usai renovasi di area masjid selesai. Namun, Jokowi mengatakan keputusan tersebut tetap berada di tangan Imam Besar Masjid Istiqlal.

“Apakah setelah selesai akan dibuka? Belum kita putuskan. Tadi saya mendapat informasi dari Prof Nasaruddin, Bapak imam besar bahwa direncanakan Masjid Istiqlal akan dibuka pada bulan Juli, tetapi keputusan ada di bapak imam besar,” kata Jokowi seperti dilihat di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (2/6).

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close