Internasional

Masih Rusuh, Helikopter Black Hawk Diterjunkan ke Tengah Demo di Washington

WASHINGTON, SENAYANPOST.com – Presiden AS Donald Trump mulai mengerahkan tentara untuk mengamankan Washington dari demonstrasi George Floyd. Di udara, helikopter Black Hawk berputar rendah.

Dikutip dari NYTimes, helikopter Black Hawk terbang rendah di atas pecinan Kota Washington pada Senin (1/6/) malam waktu setempat. Selain itu di atas udara Washington juga sempat terlihat helikopter Lakota.

Helikopter-helikopter tersebut melakukan manuver yang disebut sebagai ‘show of force’, yang kerap dilakukan pesawat jet dengan terbang rendah dari permukaan tanah.

Angin kencang yang ditimbulkan halikopter membuat ratusan demonstran yang berkumpul di tengah jalan sempat membubarkan diri untuk bersembunyi di balik bangunan terdekat.

Beberapa akun media sosial menyebut Black Hawk sempat kembali ke lokasi. Sampah dan debu berterbangan saat helikopter taktikal untuk berbagai kondisi itu melayang hanya beberapa meter dari kerumunan.

Black Hawk adalah helikopter kebanggaan Amerika Serikat yang diproduksi oleh Sikorsky Aircraft. Sikorsky UH-60 Black Hawk mulai bergabung dengan angkatan bersenjata AS sejak 1979. Black Hawk diambil dari nama kepala suku Indian yang punya nama serupa.

Helikopter ini mampu mengangkut 4 kru plus 11 pasukan dengan bobot kosong 4.819 kg. Memiliki dua mesin General Electric T700-GE-701C turboshaft, helikopter ini bisa melesat dengan kecepatan maksimal 294 km/jam.

Telah digunakan pada beragam operasi di Panama, Irak, Somalia, Balkan, Afghanistan, dan banyak negara lain di timur tengah, helikopter Black Hawk kini punya banyak tipe dan varian untuk dipakai pada beragam kebutuhan.

Washington menjadi salah satu kota yang terbawa gelombang demonstrasi atas kematian Floyd George. Warga kulit hitam Amerika Serikat itu tewas setelah lehernya diinjak menggunakan lutut oleh polisi Minnesota.

Kejadian itu kemudian menyebabkan gelombang demo besar di banyak negara bagian dan kota Amerika Serikat. Masih dikutip dari NYTimes, Washington, yang berstatus ibukota, punya peraturan hukum di mana angkatan bersenjata boleh diturunkan tanpa mendapat persetujuan dari gubernur.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close