Pendidikan

Masih Memakai Penyangga, Peraih Cum Laude Ini Diwisuda

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Debby Gibson Putri Deri Desya Rampeng, Sabtu (12/1/2019) mengikuti wisuda sarjana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta bersama ratusan wisudawan lainnya dalam Wisuda Diploma, Sarjana, dan Magister Periode Ke-2 Tahun Akademik 2018/2019.

Usai mengikuti wisuda, Debby – demikian biasa disapa – mengatakan, targetnya sebenarnya mengikuti wisuda pada Oktober 2018 lalu. Namun, kata wisudawan Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Industri ini, terpaksa harus mundur karena mengalami musibah.

“Target saya bisa ikut wisuda bulan Oktober 2018, tapi karena kecelakaan terpaksa harus saya tunda.” Ujar Debby yang masih menggunakan tongkat penyangga saat ditemui di acara wisuda.

Debby menceritakan pada bulan Juli 2018 lalu ia bersama keluarganya mengalami kecelakan ketika melakukan perjalanan dari Jakarta ke kampung halamannya di Solok, Sumatera Barat.

Kakinya patah dan pelipisnya robek. Lukanya yang parah mengharuskan dirinya dioperasi dan membutuhkan masa pemulihan cukup lama.

Setelah menjalani operasi, Debby mengaku tidak bisa berjalan. Setiap hari ia harus menjalani perawatan dan membutuhkan bantuan tongkat penyangga (kruk) untuk melakukan aktivitas.

Selama sebulan terbaring sakit di rumah, membuatnya sempat putus asa bisa menyelesaikan tugas akhir.

“Ayah melarang kembali ke Jogja dulu dan menyuruh saya untuk fokus di pemulihan. Saya juga disarankan untuk mengambil cuti.” Kata Debby

Ditengah kondisinya yang belum pulih, ia meminta ijin kepada orang tuanya untuk kembali ke Yogyakarta menyelesaikan tugas akhir. Melihat semangat dan kemauan Debby yang kuat, akhirnya sang ayah mengijinkan.

Hasilnya pada bulan Oktober 2018, Debby dapat mengikuti sidang akhir dan dinyatakan lulus dengan predikat cum laude dengan indeks prestasi kumulatif 3,57.

Pada acara wisuda, ia dipanggil ke atas panggung karena menjadi salah satu peraih Karya Cendekia. Sebuah penghargaan yang diberikan kepada mahasiswa dengan prestasi akademis, lulus dalam waktu singkat, berprestasi di luar kampus, dan aktif di kegiatan organisasi maupun sosial.

Diungkapkan Debby, keberhasilannya saat ini karena dukungan orang tua, para dosen dan juga teman-temannya yang membantu dan menyemangati untuk menghadapi setiap masalah yang dihadapinya. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close