Nasional

Ma’ruf Amin Nilai Jokowi Pantas Masuk 50 Tokoh Islam Berpengaruh

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Cawapres nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin menilai Presiden Jokowi memang pantas masuk sebagai tokoh Islam berpengaruh di dunia pada 2018.

Dalam situs themuslim500.com, Jokowi berada di peringkat 16 sebagai tokoh Islam berpengaruh di dunia.

“Saya kira pantas sekali. Peran-peran utamanya banyak di dunia internasional,” kata Ma’ruf di Jakarta, Sabtu (20/10).

Dia mengatakan, Jokowi banyak berperan dalam upaya kemerdekaan Palestina, mendamaikan konflik di Afghanistan, hingga berpartisipasi dalam sidang Organisasi Konferensi Islam (OKI).

“Dia juga membuat kerukunan di berbagai belahan dunia di antara umat Islam,” katanya.

“Apalagi di Indonesia, sangat kita rasakan,” sambungnya.

Dikutip Sabtu (20/10), situs itu menganggap Jokowi lebih berpengaruh dari ulama kenamaan Arab Saudi, Sheikh Abdul-Aziz ibn Abdullah Aal Al-Sheikh yang menempati posisi ke-17.

Sedangkan di atas Jokowi ditempati oleh Putera Mahkota Abu Dhabi sekaligus Wakil Panglima Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab, Jenderal Sheikh Mohammed bin Zayed Al-Nahyan.

Selain Jokowi, tokoh Indonesia yang masuk adalah Ketua Umum Pengurus Besar Nahdhatul Ulama, KH. Said Aqil Siradj yang berada pada peringkat 22. Kemudian Habib Luthfi bin Yahya yang berada pada posisi 41.

Situs itu menyatakan Jokowi dianggap sebagai pemimpin yang populer, walau tidak didukung oleh kelompok ulama. Dia juga dianggap sebagai pemimpin sipil pertama karena bukan berasal dari kalangan tentara. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close