Ekonomi

Ma’ruf Amin: Berdayakan Ekonomi Umat dari Bawah

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sistem ekonomi dan keuangan Indonesia saat ini sudah financial dual system, dimana salah satunya adalah sistem keuangan syariah.

“Dengan adanya financial dual system ini maka lahirlah dual banking system. Salah satunya adalah sistem perbankan syariah,” kata Ketua Dewan Pembina Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) KH Ma’ruf Amin, dalan keterangan tertulis, di Jakarta, Senin (26/3/2018)

Bahkan, lanjut KH Ma’ruf Amin, saat ini juga sudah ada yang namanya Komite Nasional Keuangan Syariah dengan diketuai oleh Presiden Joko Widodo.

“Diharapkan Indonesia dapat menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia,” katanya.

Meski begitu, KH Ma’ruf Amin mengakui bahwa pangsa pasar keuangan syariah masih terbilang rendah, yaitu 5% saja dari total pasar keuangan nasional.

“Busnya sudah banyak, namun penumpangnya masih sedikit,” ungkap KH Ma’ruf Amin, berseloroh.

Solusinya, kata KH Ma’ruf Amin, MES harus mampu membangun ekonomi umat di Indonesia dengan menggulirkan arus baru ekonomi Indonesia dengan memberdayakan ekonomi umat dari bawah.

Sebelumnya, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) melantik jajaran pengurus pusat periode 1439-1442 Hijriah (2018-2021).

Dalam kepengurusan itu, di antaranya KH Ma’ruf Amin sebagai Ketua Dewan Pembina MES, Jenderal Moeldoko sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina MES, Wimboh Santoso sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat MES.

Perry Wajiyo sebagai Ketua Dewan Pakar MES, serta Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram sebagai salah satu anggota Dewan Pembina. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close