'Mars Dog', Robot Anjing Penjelajah di Medan Berbahaya Mars

'Mars Dog', Robot Anjing Penjelajah di Medan Berbahaya Mars
Time24 News

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Menjelajah luar angkasa memang tak akan pernah ada habisnya. Ada saja hal-hal baru yang ditemukan oleh para ilmuwan. Semisal NASA, yang terus melakukan penelitian terhadap Planet Mars. 

Kabar terbaru menyebutkan, lembaga antariksa milik Amerika Serikat itu tengah menyiapkan robot anjing untuk membantu eksplorasi di Planet Merah. Rencana itu disampaikan NASA pada pertemuan tahunan American Geophysical Union (AGU), yang diadakan secara virtual.

Dinamakan Mars Dog, robot itu dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan berbagai teknologi lain, agar bisa bergerak sendiri serta menavigasi medan berbahaya dan gua di sana.

Melansir dari Live Science, Rabu (23/12/2020), Mars Dog diklaim akan lebih baik dari robot penjelajah lain, seperti Spirit, Opportunity, Curiosity, dan Perseverance, yang telah lebih dulu dikirim ke luar angkasa.

Sebagian besar dari robot-robot itu hanya bisa menjelajah pada permukaan datar. Padahal banyak daerah di Mars yang menarik, tetapi hanya bisa dijangkau dengan melintasi medan yang sangat kasar atau turun di bawah tanah.

Robot anjing diklaim sangat cocok untuk tantangan seperti itu. Bobotnya 12 kali lebih ringan dibandingkan robot lainnya saat ini. Ketika diuji coba, Mars Dog mampu berjalan dengan kecepatan 5 km/jam.