Internasional

Mantan Presiden Korsel Divonis 15 Tahun Penjara

SEOUL, SENAYANPOST.com – Pengadilan distrik Seoul menjatuhkan vonis selama 15 tahun penjara kepada mantan Presiden Korea Selatan (Korsel) Lee Myung-bak. Hukuman itu menjadikannya sebagai eks-pemimpin Negeri Ginseng keempat yang bernasib mendekam di balik bui.

Lee Myung-bak divonis atas tuduhan suap, penggelapan dan penyalahgunaan kekuasaan, demikian seperti dikutip dari BBC, Jumat (5/10).

Lee dinyatakan bersalah karena menerima dana ilegal senilai USD10 juta (Rp151 miliar) dari institusi swasta dan lembaga intelijen. Itu menunjukkan kedekatan antara politikus dan pengusaha.

Selain itu, pengadilan juga menyatakan Lee bersalah karena menggelapkan dana USD21,77 juta (Rp330 miliar) dari perusahaan pembuat suku cadang mobil yang dipimpin kakaknya.

Dalam vonis, Lee juga dijatuhi denda 13 miliar won (USD11,5 juta atau Rp159 miliar).

Saat pembacaan vonis, Lee Myung-bak tak hadir dengan alasan sakit.

Hakim di Pengadilan Distrik Pusat Seoul mengatakan “hukuman berat untuk terdakwa tidak dapat dihindarkan” karena sifat kejahatan yang serius.

Pengadilan menemukan bahwa Lee Myung-bak menerima miliaran won dari perusahaan elektronik Samsung sebagai imbalan karena telah mengampuni Lee Kun-hee, pemimpin firma itu. Samsung menyangkal telah memberikan Lee Myung-bak uang.

Hubungan antara pemimpin politik dan konglomerat besar milik keluarga yang dikenal sebagai chaebol sering mendapat sorotan, atau menjadi fokus tuduhan kriminal di Korea Selatan.

Sementara itu, mantan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye divonis 33 tahun penjara setelah dinyatakan bersalah karena menyalahgunakan kekuasaan dan koersi. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close