Internasional

Mantan Presiden Brazil Luna Serahkan Diri ke Polisi

SAO PAOLO, SENAYANPOST.com – Mantan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva menyerahkan diri ke polisi. Presiden ke-35 negeri Samba itu masuk dalam daftar buronan polisi karena terjerat kasus korupsi.

Seperti dilansir Reuters, Minggu (8/4/2018), Lula diterbangkan ke kota di selatan Brasil, Curitiba, di mana dia akan menjalani masa tahanan selama 12 tahun penjara. Tahun lalu, dia disidang di kota tersebut dan telah diputus bersalah.

“Saya akan mematuhi perintah tersebut. Saya tidak ada di atas hukum. Jika saya tidak percaya hukum, saya tidak akan mendirikan partai politik dan memulai revolusi,” ujar Lula kepada para suporternya di Sao Paulo.

Dia mendapat dukungan dari banyak masyarakat Brasil dan menjadi favorit dalam pencalonan presiden. Negara Amerika Latin itu akan menggelar Pilpres pada Oktober 2018.

Dalam kesempatan yang sama, Lula menegaskan dirinya tak bersalah dan menuding tuduhan korupsi yang dijatuhkan kepadanya bermotif politik.

Sebelumnya, pengadilan telah memerintahkan dirinya untuk menyerahkan diri ke polisi sebelum Jumat (6/4) sore. Lula juga masih harus menghadapi enam persidangan terkait korupsi lainnya.

Lula dituduh menerima sebuah apartemen berlantai tiga di tepi pantai dari sebuah perusahaan teknik, sebagai ganti membantu perusahaan tersebut mendapatkan kontrak atas proyek publik.

Ia menduduki jabatan presiden pada 2003-2011. Pada masa kepemimpinannya, Brasil mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup besar dan berkurangnya ketimpangan. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close