Hukum

Mantan Bupati Tulungagung Serahkan Diri

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Juru Bicara KPK Febri Diansyah menungkapkan, mantan Bupati Tulungagung, Jawa Timur, Syahri Mulyo menyerahkan diri ke KPK, Sabtu (9/6/2018) sekitar pukul 21.30 WIB.

KPK mengaku mengapresiasi sikap Syahri, yang kini mencalonkan diri kembali sebagai Bupati Tulungagung pada PIlkada 2018.

“Kami hargai penyerahan diri tersebut. Sikap koperatif terhadap proses hukum tentu akan berimplikasi lebih baik bagi tersangka atau pun proses penanganan perkara itu sendiri,” kata Febri, dalam pesan singkatnya, Sabtu (9/6/2018).

Sebelumnya, Syahri ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi proyek infrastruktur Tulungagung oleh KPK, beberapa waktu lalu.

Pada kasus yang sama, kontraktor Susilo Prabowo ditetapkan sebagai tersangka karena diduga memberi suap. Ia kini ditahan di Rutan Pomdam Jaya Guntur.

Selain itu, status tersangka dikenakan kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tulungagung Sutrisno, Agung Prayitno dari pihak swasta, dan Bambang Purnomo dari pihak swasta ditahan di Rutan Cabang KPK di gedung Merah Putih KPK.

Susilo diduga memberi uang suap kepada Syahri melalui Agung Prayitno sebesar Rp1 miliar. Tujuannya, memuluskan proyek pembangunan infrastruktur peningkatan jalan. Itu merupakan pemberian ketiga, setelah Susilo menyuap sebesar Rp500 juta dan Rp1 miliar.

Selain itu, kasus tersebut juga menjerat Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar. Kasus ini terungkap usai Operasi Tangkap Tangan (OTT), Rabu (6/6). Samanhudi dan Syahri tidak ikut diciduk pada OTT itu.

Syahri (50) diketahui berpasangan Maryoto Bhirowo pada Pilkada 2018. Keduanya diusung oleh PDIP dan Partai Nasdem. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close