Lintas Daerah

Manjakan Wisatawan, Pasar Beringharjo Buka hingga Malam

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Pasar Beringharjo di Jalan Margomulyo, Kota Yogyakarta, mulai Rabu (11/4/2018) besok akan buka sampai pukul 20.00 WIB. Hal ini dilakukan untuk memenuhi permintaan atau keinginan wisatawan yang sedang berkunjung ke kota tersebut.

“Uji coba Pasar Beringharjo buka sampai malam akan kita mulai Rabu (11/4) besuk,”  kata Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Puwadi, kemarin.

Ia mengatakan,  salah satu alasan Pasar Beringharjo buka sampai malam karena tingginya permintaan wisatawan yang selama ini berkunjung ke Kota Budaya atau Kota Pendidikan.

“Untuk tahap awal, los pasar yang buka sampai malam baru penjualan batik dan oleh-oleh,” katanya.

Wakil Walikota Yogyakarta itu mengatakan, sebagai persiapan  sudah rapatkan dengan pihak terkait dan pedagang.

“Ujicoba pertama akan dilakukan pada Rabu (11/4) nanti. Secara keseluruhan dari evaluasi perbaikan akan dilakukan hingga akhir tahun,”  katanya menjelaskan.

Meski buka sampai malam, katanya, namun kebijakan ini tidak akan menganggu keberadaan pedagang kaki lima yang ada di sepanjang Malioboro. Bahkan bukanya Beringharjo sampai malam ini, kata dia, dimaksudkan menjadi bagian dari revitalisasi Malioboro.

“Jika nantinya sudah siap, ada kemungkinan semua pedagang di Beringharjo baik yang sayuran maupun komoditas lainnya akan diikutsertakan,” katanya.

Sedangkan untuk tahap awal baru dibuka los batik dan los pusat oleh-oleh.

Kebijakan ini menurut Heroe diambil Pemkot Yogyakarta, berdasarkan masukkan dari wisatawan yang berkunjung. Mereka mengeluhkan tidak bisa menikmati Beringharjo saat sore hari karena tutup.

Secara terpisah, Ketua Paguyuban Pedagang Beringharjo Pager Harjo,  Ujun Junaedi, menyambutkan bahwa rencana ini memang sudah dibicarakan dengan pedagang. Menurut Ujun, saat ini melihat ada dua kendala utama yang nantinya harus dievaluasi.

Ujun Junaidi yang merupakan Penasehat Paguyuban Pasar Se-Kota Yogyakarta menyatakan, dengan buka sampai malam diharapkan Beringharjo akan menjadi daya tarik yang menyemarakkan kawasan Malioboro. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close