Bisnis

Manjakan Pemudik, Bank Sediakan 100 Titik Top Up Uang Elektronik

JAKARTA, SENAYANPOST.com — Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Sugeng mengungkapkan, pihaknya berkoordinasi dengan perbankan dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyediakan lebih dari 100 layanan gerak uang elektronik di sejumlah titik peristirahatan (rest area) selama arus mudik dan arus balik Lebaran.

Layanan gerak ini bakal melayani kebutuhkan penambahan saldo (top up) uang elektronik bagi pemudik yang melalui jalan tol. Layanan tersebut akan dilaksanakan terhitung H-7 hingga H+7 Idul Fitri.

“Layanan gerak uang elektronik ini juga guna merespon integrasi beberapa ruas tol yang efektif dilaksanakan tahun ini dan telah 100 non tunai menggunakan kartu uang elektronik,” jelas Sugeng, dalam keterangan resmi Selasa (21/5/2019).

Selain menyediakan layanan gerak untuk penambahan saldo, menurut dia, perbankan juga akan menyediakan lebih dari 80 ribu uang elektronik. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya permintaan uang elektronik oleh pengguna jalan tol.

“Edukasi kepada masyarakat dan penyediaan call center juga dilakukan untuk mengantisipasi adanya kendala transaksi di lapangan,” jelas dia.

Sugeng menyebut pihaknya dan perbankan akan memastikan kesiapan teknis sarana pembayaran di gerbang tol dan penyediaan backup alat pembayaran dalam kondisi yang cukup, tersedianya stok kartu uang elektronik dan sarana top up di sepanjang jalur tol, dan membuka posko mudik untuk membantu pelayanan perbankan. Hal ini dilakukan untuk membantu kelancaran arus mudik.

“BI mengimbau agar seluruh masyarakat, khususnya pemudik, menyiapkan kartu uang elektronik dengan saldo yang cukup, merawat dan menjaga agar kartu tidak rusak,” ungkap Sugeng.

Selain memastikan kelancaran penggunakan uang elektronik dalam pembayaran tol, Sugeng menambahkan pihaknya juga akan menyediakan fasilitas penukaran uang pecahan kecil di beberapa titik jalur mudik. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close