Olahraga

Malaysia Coret Atletnya dari Skuad Asian Games karena Ketahuan Merokok

KUALA LUMPUR, SENAYANPOST.com – Iskandar Zulkarnain Zainuddin, pemain tunggal putera Malaysia dicoret dari skuad Asian Games lantaran ketahuan merokok dan melakukan pelanggaran disiplin lainnya.

Kasus yang menimpa Iskandar tampaknya bukan yang terakhir, sebab Asosiasi bulu tangkis Malaysia (BAM) tengah mencari atlet pelatnas yang kecanduan merokok.

Posisi Iskandar, 27 digantikan pemain peringkat 51 dunia, Soong Joo Ven untuk keikutsertaan pada pesta olah raga Asia yang akan berlangsung 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Keputusan mencoret Iskandar dilakukan pelatih kepala tunggal putera, Datuk Misbun Sidxek dan langusng disetujui oleh dewan BAM yang diketuai oleh Datuk Seri Norza Zakaria.

Iskandar ketahun merokok di hotel tim saat memperkuat negaranya pada ajang Piala Thomas di Bangkok, Thailand, Mei lalu.

Ia sebelumnya sudah dijatuhii humuman potong gaji sebesar 50 persen karena melanggar aturan rokok yang dikeluarkan pihak BAM.

Namun keputusan Misbun juga dipengaruhi oleh disiplin yang buruk dari Iskandar. Ia diketahui meninggalkan pemusatan latihan.

“Pertama tentu soal merokok. Kemudian ia juga menghilang dari pemusatan latihan nasional saat masa istirahat,” kata Norza.

“Misbun merasa tidak nyaman dengan Iskandar dan memutuskan menggantinya dengan Joo Ven. Dia merasa inilah keputusan terbaik,” kata Norza lagi.

“Pihak Dewan (BAM) menghargai keputusuan Misbun dan menyokongnya,” kata Norza.

Ia juga menyebut ada sekitar 5-6 pemain yang diindikasikan merokok dan pihak BAM berencana memanggil mereka.

Pihak BAM memang menetapkan tak ada toleransi buat mereka yang merokok berdasar pemeriksaan oleh Institut Olahraga Nasional (NSI) Malaysia.

“Jika ada pemain yang diketahui mengandung nikotin dalam tubuhnya melalui pemeriksaan darah oleh NSI, mereka akan mendapat kesempatan terakhir sebelum kami terpaksa mengeluarkannya,” lanjut Norza.

“Mereka akan mendapatkn kesempatan selama tuga bulan, sebelum menjalani pemeriksaan kembali,” pungkasnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close