Infotainment

Makna Busana Beyonce-Jay Z di Video Musik ‘Apes**t’ yang Bikin Penasaran

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pasangan penyanyi Beyonce dan Jay Z kembali mencuri perhatian. Keduanya baru saja meluncurkan album duet bertajuk Everything is Love.

Video musik untuk lagu berjudul Apes**t mencuri perhatian lantaran adanya banyak simbol dan lirik yang dinilai cukup ‘keras’. Bukan tanpa alasan, keduanya juga menyampaikan ‘pesan’ lewat pilihan busana dari sejumlah label kenamaan dengan pengambilan gambar di Museum Louvre, Paris, Perancis.

Di awal video, orang tua Blue Ivy ini tampak mengenakan jas masing-masing berwarna pink pucat dan biru berbahan satin yang dilakukan di depan lukisan karya Leonardo da Vinci, Mona Lisa. Mengutip The Independent, kala tur On The Run II, keduanya mempertegas bahwa pernikahan seharusnya dinilai sebagai ikatan sejati.

Jas pink karya Peter Pilotto yang dikenakan Beyonce menjadi simbol feminitas. Sedangkan jas berwarna biru yang dikenakan Jay Z kerap diasosikan sebagai penanda maskulinitas. Hal ini seolah mempertegas kesan kesetaraan gender.

Beyonce kembali mempertegas kesan perempuan dan feminitas lewat kemunculan penari latar yang mengenakan bra dan legging tartan khas Burberry. Adegan tersebut dilakukan di depan lukisan ‘The Coronation of Napoleon’ yang menggambarkan penobatan Ratu Josephine karya Jacques-Louis David.

Di salah satu potongan video, pasangan suami istri ini mengenakan busana serba putih sambil berdiri di depan patung ‘Winged Victory of Samothrace’ atau terkenal dengan nama ‘Nike of Samothrace’, sebuah patung yang dibuat sekitar abad kedua sebelum masehi.

Patung mengambil rupa Nike, dewi kemenangan dalam mitologi Yunani. Nike dipercaya terbang di medan perang menggunakan kereta kencana dan berujung memberikan kemenangan.

Beyonce dan Jay Z seakan ingin menggambarkan kekuasaan lewat pilihan busana putih yang berdiri tepat di depan penari latar yang mengenakan kostum serba gelap.

Adegan berikutnya Beyonce mengenakan busana dari Versace yang dilakukan di depan lukisan ‘Potraits of a Negress’ karya Marie-Guillemine Benoist pada 1800. Lukisan ini menggambarkan perempuan kulit hitam yang tidak menjadi budak di Prancis.

Beyonce mengenakan busana dari Versace sambil duduk dengan posisi yang sama dengan sosok di lukisan. Sementara Jay Z mengenakan jas hitam dengan aksesoris rantai berwarna emas duduk di sebelah sang istri.

Di salah satu frame, Beyonce tampil dengan busana super ketat dengan berpose ala Aphrodite. Ia tampak berdiri di depan patung ‘Venus de Milo’ yang menunjukkan keindahan tubuh perempuan karya Alexandros.

‘Great Sphinx of Tanis’ merupakan salah satu patung terbesar Sphinx yang ditemukan pada 1825 di luar Mesir. Patung ini dianggap memiliki hubungan dekat dengan dewa matahari Ra. Di sini, Beyonce berbalut busana swimsuit coklat yang senada dengan warna kulitnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close