Makin Tajir, Harta Bos Amazon Bertambah Rp129,53 T Pekan Ini

Makin Tajir, Harta Bos Amazon Bertambah Rp129,53 T Pekan Ini
Jeff Bezos

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Pergerakan saham-saham teknologi di AS meroket pada minggu ini. 

Hal itu sejalan dengan penurunan pemberitaan terkait Presiden Donald Trump dan sejumlah staf yang didiagnosis terpapar Covid-19.

Melansir Forbes, saham Amazon naik 5% selama seminggu terakhir. Perusahaan mengungkapkan kenaikan ini karena banyak barang elektronik dan barang lainnya yang akan didiskon besar-besaran selama acara belanja tahunan, yang dijadwalkan berlangsung pada 13 dan 14 Oktober.

Kenaikan saham Amazon menambahkan $ 8,8 miliar atau setara Rp 129,53 triliun (Kurs Rp 14,719/US$) ke kekayaan CEO Amazon Jeff Bezos, orang terkaya di dunia, dibandingkan dengan penutupan pasar 2 Oktober lalu. Mantan istrinya, MacKenzie Scott, US$ 3 miliar lebih kaya minggu ini berkat kepemilikan 4% saham di Amazon.

Mantan CEO Microsoft Bill Gates dan Steve Ballmer juga ketiban rezeki nomplok, karena saham perusahaan naik 4,7% selama seminggu. 

Microsoft mengumumkan kemitraan dengan GameStop yang memungkinkan pengecer video game menggunakan cloud dan aplikasi kerja Microsoft, dan akan memperluas lini produk Microsoft Xbox yang tersedia di toko.

Sementara itu, menurut laporan The Verge, Microsoft juga akan aaamengikuti jejak Facebook dan Twitter terkait kebijakan WFH. 

Perusahaan akan mengizinkan sebagian besar karyawan untuk bekerja dari jarak jauh selama kurang dari setengah minggu waktu kerja mereka. Gates mengakhiri minggu ini dengan penambahan kekayaan $ 2,1 miliar, sementara Ballmer naik $ 2,6 miliar.

CEO Tesla Elon Musk memperoleh $ 3,5 miliar dalam seminggu terakhir. Ini setelah saham perusahaan mobil listrik ditutup pada hari Jumat dengan harga US$ 434 per saham.


Perusahaan mobil swakemudi Waymo, yang dimiliki oleh induk Google, Alphabet, memulai layanan taksi tanpa sopirnya pada hari Kamis di daerah Phoenix. Pasar senang dengan Waymo, dan saham Alphabet naik 3,9% untuk minggu ini, menambahkan masing-masing $ 2,3 miliar dan $ 2,1 miliar ke kekayaan pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin.


Miliuner China juga mengalami kenaikan minggu ini. Semua karena yuan mencapai nilai tertinggi terhadap dolar AS dalam 17 bulan. Hal itu lantas dikaitkan dengan keunggulan mantan Wakil Presiden Joe Biden dalam jajak pendapat melawan Donald Trump.

Bos Tencent Ma Huateng dan CEO Pinduoduo Colin Zheng Huang mendapat lonjakan terbesar dari setiap miliuner China minggu ini, menambahkan masing-masing US$ 2,9 miliar ke kekayaan mereka.