Olahraga

Makin Mesra, Korut-Korsel Tampil Bersama di Pembukaan Asian Games 2018

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Hubungan Korea Utara dan Korea Selatan makin membaik pasca pertemuan pimpinan kedua negara. Nah, dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, kontingen Korsel dan Korut dilaporkan sudah hampir pasti tampil bersama dalam agenda pembukaannya, yang akan berlangsung pada 18 Agustus nanti.

Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Pertama Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Lim Sung-nam, ketika melakukan pertemuan diplomatik dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Mursadi, di Gedung Pancasila Kompleks Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Jakarta, pada Rabu (2/5/2018).

Dalam pawai pembukaan nanti, gabungan kontingen Korea Selatan dan Korea Utara akan berpawai di bawah naungan bendera unifikasi.

Meski begitu, belum dipastikan apakah kedua negara mengirimkan kontingen resmi, untuk berjuang bersama di cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018.

Menurut Menlu Retno, Lim Sung-nam yakin bahwa kolaborasi kedua negara dalam ajang Asian Games 2018 akan menjadi bukti nyata Korea Selatan dan Korea Utara, berkomitmen mengawal perdamaian lintas sektor.

Ditambahkan oleh Menlu Retno, Indonesia merasa senang dan sangat terbuka menyambut rencana kedatangan bersama kontingen dari Korea Selatan dan Korea Utara.

“Tentunya kita berharap yang terbaik, pelaksaan Asian Games berjalan lancar, seluruh kontingen dapat bertanding dengan sportif dan kompetitif,” ujar Retno.

Sementara itu di lain kesempatan, meski belum ada pembicaraan lanjut dari masing-masing otoritas olahraga di kedua negara, namun Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-beom, yakin apa yang telah terjadi di PyeongChang, akan terulang kembali di Asian Games 2018.

“Kami belajar banyak dari Olimpiade PyeongChang, ketika olahraga mampu mempererat semangat kompetitif, dan memberikan keyakinan bahwa kami (Utara dan Selatan) akan tetap menjadi sebuah keluarga besar,” ujar Dubes Chang-beom di Jakarta pada Senin, 30 April 2018.

Ia juga mengaku percaya diri bahwa para atlet Utara dan Selatan dapat saling bahu-membahu meraih kemenangan di pesta olahraga terbesar di Asia itu.

Ditambahkan olehnya, ia akan dengan senang hati mendukung langsung kontingen Korea Selatan dan Korea Utara saat tampil di Asian Games, tidak peduli apakah akan berbentuk kolaborasi ataupun mandiri.

“Saya akan menerapkan komitmen di Panmunjom dalam komunikasi antara Korea Selatan dengan Korea Utara, kedua Korea dengan dunia internasional, dan sebaliknya,” kata Chang-beom optimistis. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close