Gaya HidupHealth & Fitness

Makanan untuk Menunjang Produksi Kolagen Agar Kulit Awet Muda

Jakarta – Kolagen merupakan struktur pembentuk protein yang penting untuk menjaga kekenyalan dan kekencangan kulit, juga menyusun otot serta persendian. Tidak ada kolagen di dalam tubuh, maka seseorang tidak akan bisa berdiri tegak, juga leluasa bergerak karena otot tidak memiliki kepadatan.
Tubuh bisa memproduksi kolagen sendiri dan saat lahir, kulit tersusun dari 70 persen struktur kolagen. Namun begitu melewati masa pubertas, kemampuan tubuh untuk memproduksi kolagen menurun.
“Saya tidak bisa bilang pastinya di usia berapa produksi kolagen menurun karena kondisi tiap orang berbeda. Tapi lewat usia pubertas dan menjadi dewasa, ada penurunan proses pembentukan kolagen,” terang konsultan anti-aging dr. Ariana Suryadewi, M. Biomed, saat peluncuran Hemaviton C1000+Collagen di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (7/4/2016).
Berkurangnya kolagen di dalam tubuh bisa berakibat kulit menjadi keriput, timbul garis-garis halus, terbentuknya celong di bawah mata, garis ekspresi makin jelas hingga kulit yang tampak kusam serta mengendur. Penggunaan krim mengandung atau suplemen kolagen  bisa saja dilakukan, namun Ariana menyarankan asupan dari makanan dan menjalani gaya hidup sehat adalah cara paling efektif untuk menunjang produksi kolagen di usia yang tak lagi muda.
“Konsumsilah makanan dengan kadar gula rendah. Kurangi makanan tinggi lemak seperti susu, keju, cokelat,” saran dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada ini.
Ia juga menyarankan untuk memperbanyak asupan makanan sumber kolagen yang bisa didapat dari ikan salmon, tuna dan daging merah. Pengolahannya pun harus tepat agar manfaat kolagen bisa didapat secara maksimal.
“Masaknya jangan digoreng. Bisa dipanggang tapi jangan pakai mentega. Sama saja nanti lemaknya tinggi,” tutur dokter yang praktik di Aesthetics Dental & Skin Clinic ini.
Jam tidur pun perlu diperhatikan. Usahakan tidur berkualitas minimal 7-8 jam semalam. Ariana mengatakan bahwa tidur membantu tubuh melawan radikal bebas. Ketika tidur, tubuh memproduksi hormon melatonin yang aktif di malam hari yang bisa menunjang pertumbuhan dan metabolisme tubuh, termasuk produksi kolagen.
“Olahraga juga. Saat olahraga tubuh memproduksi hormon endorphin yang bekaitan juga dengan pencegahan proses penuaan,” tukas wanita berusia 27 tahun ini.
(ami/ami)
Sumber : wolipop

KOMENTAR
Lihat selanjutnya
Close