Nasional

Makan Siang Bareng Buruh, Jokowi: Tingkatkan Produktivitas

TANGERANG, SENAYANPOST.com – Sehari sebelum peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada Rabu 1 Mei setiap tahunnya, Presiden Joko Widodo menyempatkan diri berkunjung sekaligus makan siang bersama dengan sekitar 14 ribu buruh.

Kali ini Jokowi berkunjung ke PT KMK Global Sport 1, salah satu perusahaan yang memproduksi sepatu bermerek Nike di Indonesia, di Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (30/4/2019) sekitar pukul 11.30 WIB.

Setibanya di pabrik, kepala negara langsung menuju ruang operasional pabrik, tempat para buruh alas kaki itu bekerja. Mengetahui yang datang Jokowi, banyak karyawan bergegas mengambil ponsel pintar untuk berswafoto bersama orang nomor satu di Indonesia. “Pak Jokowi, Pak Jokowi, Pak Jokowi. Mau salam, Pak. Selfie juga, Pak,” sambut para buruh.

Seperti biasa, Jokowi mengambil ponsel pintar para buruh dan berswafoto dengan mereka. Sesekali Jokowi juga menyalami dan melempar senyum kepada para buruh yang berada di ruang operasional.

Selepas dari ruang operasional, Jokowi kemudian mengunjungi kantin buruh yang terletak di sebelah ruang operasional. Ia kemudian mengambil piring makanan yang biasa dipakai para buruh untuk menyantap makan siang bersama para buruh.

Pada makan siang kali ini, Jokowi menyantap menu yang terdiri dari nasi, sop ayam, tempe sambal, telur rebus, dan sepotong salak. Setelah itu, ia menuju kursi makan dan menyantap menu tersebut bersama para buruh.

“Ya tadi makan siang ada tempe, telur, sayur, saya kira secara gizi dan nutrisi itu bagi saya sudah bagus. Enak, enak,” ujarnya usai makan siang.

Jokowi mengungkapkan sempat berbincang dan mendengar curahan hati para buruh. Namun tidak ada keluh kesah yang bernada negatif. Salah satu curhat yang disampaikan soal upah yang diterima.

“Tadi saya tanya masalah gaji dapat berapa? Katanya Rp3,9 juta, ya sudah. Terus saya bertanya sudah kerja di sini berapa lama? Ada yang 20 tahun, 23 tahun, 15 tahun. Ya menurut saya atmosfer di pabrik KMK ini memberikan hal yang baik kepada karyawan,” katanya.

Tak hanya mendengar curhatan buruh, Jokowi juga menghimbau para buruh agar meningkatkan produktivitas melalui peningkatan keterampilan dan perbaharuan keterampilan.

“Kalau karyawan produktif, perusahaan gaji lebih tinggi pun mampu diberikan,” katanya.

Selain itu, ia juga memberi pesan kepada para buruh terhadap peringatan Hari Buruh esok. Ia berharap peringatan berjalan lancar, aman, dan tenang.

“Semoga May Day, peringatan hari buruh, kami harap perayaan hari buruh berjalan dengan baik, dengan gembira,” tuturnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close