Maju Calon Bupati di Pilkada Gunungkidul, Anggota TNI Ini Lari 7 Km ke KPU

Maju Calon Bupati di Pilkada Gunungkidul, Anggota TNI Ini Lari 7 Km ke KPU

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Tiap bakal pasangan calon (bapaslon) yang mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Pilkada 2020 ini memiliki gaya tersendiri.

Seperti bapaslon Sunaryanta-Heri Susanto mendaftar di KPU Gunungkidul, Yogyakarta, pada Minggu (6/9/2020).
Sunaryanta berlari dari rumahnya di Kwarasan Wetan, Kelurahan Kedung Keris, Nglipar, menuju Kantor KPU Gunungkidul.

Jarak yang ditempuh sekitar tujuh kilometer. Awalnya, Sunaryanta berlari dari rumahnya.

Sementara, Heri yang merupakan calon wakil bupati, menunggunya di jalan menuju Kantor KPU. Mereka mengenakan kaos dan celana olahraga.

Setelah mengganti kaos dan celana, pasangan yang diusung Partai Golkar dan PKB itu langsung mendaftar ke KPU. Sunaryanta merupakan anggota TNI yang bertugas di Kementerian Pertahanan.

Sementara Heri Susanto adalah aparatur sipil negara (ASN) di Kementerian Pertahanan.

Sunaryanta memilih lari menuju KPU sebagai upaya kampanye pentingnya olahraga untuk menjaga kesehatan selama pandemi Covid-19.

Selain itu, berlari juga memiliki makna untuk mengejar ketertinggalan selama ini.

“Filosofi untuk mengejar ketertinggalan tidak bisa hanya dengan jalan santai dan saktekane (semampunya), tapi harus lari kencang menggapai harapan. Jadi bukan waktunya kita santai, namun kita harus berlari mengejar ketertinggalan,” kata Sunaryanta di KPU Gunungkidul, Minggu (6/9/2020).

Saat ditanya mengenai status sebagai anggota TNI, Sunaryanta mengaku telah mengajukan pengunduran diri.
“Saya TNI dan tentu saya akan ikut aturan yang berlaku, saat ini saya sedang dalam proses mengundurkan diri. Saat ini sedang berproses,” kata Sunaryanta.

Hal senada juga disampaikan Heri Susanto yang merupakan ASN di Kementerian Pertanian. Heri sudah lebih dulu mengajukan pensiun dini pada Maret 2020.

“Karena kami sudah komitmen ketika mencalonkan diri pasti ada risikonya,” ucap dia.

Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, berkas pendaftaran bapaslon tersebut lengkap. Petugas KPU akan melakukan verifikasi dokumen itu.

“Selanjutnya kita akan lakukan verifikasi setelah berkas pendaftaraan kami terima,” kata Hani, seperti dikutip kompas.com

Sejauh ini, terdapat empat pasangan calon yang telah mendaftar ke KPU Gunungkidul. Sebanyak tiga pasangan calon telah lebih dulu mendaftar ke KPU. Mereka adalah Bambang Wisnu Handoyo-Benyamin Sudarmadi, Sutrisna Wibawa-Mahmud Ardi Widanto, dan Immawan Wahyudi-Martanty Soenar Dewi. (Jo)