Internasional

Maju 30 Menit, Zona Waktu Korut Resmi Sama dengan Korsel

PYONGYANG, SENAYANPOST.com – Hubungan dua negara Korea makin erat pasca pertemuan Pemimpin Korut Kim Jong-un dan Presiden Korsel Moon Jae In, belum lama ini. Menandai membaiknya hubungan itu, Korut secara resmi mengumumkan telah memajukan zona waktu mereka 30 menit sesuai dengan waktu Korsel.

Kantor berita Korut KCNA melaporkan, keputusan itu dibuat berdasarkan dekrit Dewan Presidium Tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korut (nama resmi Korut). Dilansir Yonhap Sabtu (5/5/2018), dekrit itu langsung diterapkan Jumat (4/5/2018) pukul 11.30 waktu Pyongyang sebelum kemudian diubah.

Dalam reportase KCNA, pengaturan waktu ini merupakan pemenuhan janji yang dilakukan Kim Jong-un saat KTT Antar-Korea pada 27 Mei lalu.

Saat itu kepada Presiden Korsel, Jong-un berujar hatinya tersayat saat menyaksikan dua jam yang digantungkan di dinding menunjukkan zona waktu Korsel dan Korut. Ia kemudian berjanji bakal mengubah waktunya.

“Anda dapat mengumumkannya secara terbuka,” katanya ditirukan juru bicara presiden, Yoon Young Chan.

“Langkah pengaturan waktu itu untuk mempercepat proses untuk menyatukan Utara dan Selatan, dan menghilangkan perbedaan,” kata KCNA.

Sementara kantor berita AFP memberitakan, Korsel menyambut baik keputusan tersebut sebagai “langkah simbolis” demi memperkuat relasi antar-Korea.

Korut memutuskan memundurkan zona waktu mereka selama 30 menit sejak Agustus 2015 sebelum masa pendudukan Jepang di Semenanjung Korea pada 1910-1945.

Mulai Sabtu ini, ada tiga negara yang menggunakan zona waktu yang sama. Yakni Korut, Korsel, serta Jepang.

Korut bukan satu-satunya negara yang menggunakan waktu untuk menunjukkan identitas nasional mereka. China dan India juga menerapkan zona waktu tunggal untuk menunjukkan persatuan di seluruh wilayah mereka.

Masyarakat di provinsi paling barat di China tetap menerapkan waktu Beijing. Meski, matahari di wilayah tersebut baru terbit dua jam kemudian dari Beijing. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close