Hukum

Mahfud Sebut Pimpinan KPK Tak Bisa Serahkan Mandat ke Presiden

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Pakar Ilmu Hukum Tata Negara Prof. Mahfud MD menegaskan, para komisioner KPK tidak bisa mengembalikan mandat mereka kepada presiden.

“Karena presiden tidak memberikan mandat kepada mereka, dan mereka ini bukan mandataris presiden,” katanya kepada wartawan di Yogyakarta, Minggu (15/9/2019).

Mahfud juga menyampaikan, dalam Pasal 32 Undang-Undang (UU) Nomor 30 Tahun 2002, orang mengembalikan mandat karena pensiun, meninggal dunia, atau karena mengundurkan diri.

BACA JUGA: Djarot: Jangan Sampai KPK jadi Negara dalam Negara

Adapun KPK, bukan mandataris siapa pun. Lembaga itu independen kendati berada di lingkaran kepengurusan eksekutif, tetapi bukan di bawah presiden.

Dengan demikian, kata Mahfud, secara yuridis pengembalian mandat yang dilakukan pimpinan KPK tidak berarti KPK kosong karena lembaga antirasuah itu bukan mandataris presiden.

“Dengan demikian, meski pimpinan KPK itu mengembalikan mandat ke presiden namun secara yuridis tidak ada kekosongan, karena lembaga itu tidak berada di bawah presiden,” ujarnya.

Namun demikian Mahfud berharap presiden secara arif memanggil para pimpinan KPK ini untuk bertukar pendapat, berdiskusi dan konsultasi terkait dengan nasib KPK.

“Sekarang ini saatnya mereka ini diajak bicara tentang situasi. Saya kira presiden bijaksana,” katanya. (MU)

BACA JUGA: Polri: Mutasi Irjen Firli Dlakukan Sebelum Pelantikan Pimpinan KPK

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close