Internasional

Mahathir Tampung Zakir Naik karena Negara Lain Ogah Menerima

KUALA LUMPUR, SENAYANPOST.com – Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengungkapkan alasannya menampuang penceramah kontroversial asal India, Zakir Naik. Mahathir menyebut tak ada negara yang sudi menerima Zakir.

“Kami berusaha menemukan tempat di mana ia dapat pergi, tetapi saat ini tidak ada yang mau menerimanya,” kata Mahathir ketika ditanya mengapa Malaysia masih mengizinkan Zakir untuk tinggal.

Menurut Mahathir negara asal Zakir, India, juga tidak meminta agar penceramah itu dikirim pulang.

“India belum menuntut. Saya bertemu (Perdana Menteri India Narenda) Modi,” ujarnya.

“Dia tidak meminta saya untuk mengirim kembali pria ini. Pria ini juga bisa merepotkan bagi India,” lanjut pemimpin yang dijuluki DR M tersebut, seperti dikutip The Star, Rabu (18/9/2019).

Mahathir mengakui Zakir melanggar ketentuan yang dipersyaratkan bagi pemegang status Permanent Resident (PR) atau Penduduk Permanen karena membuat komentar tentang politik dan sistem negara Malaysia.

Dia mengatakan “rumit” ketika ditanya mengapa tidak ada tindakan yang diambil terhadap Zakir atas pernyataan rasialnya yang dibuat di Kelantan baru-baru ini.

“Ketika seseorang datang dan mengatakan sesuatu yang beresonansi dengan pemikiran mereka, meskipun mereka tidak mengerti, mereka menyukai suaranya,” katanya.

“Saya khawatir dia berbicara dalam bahasa Inggris dan penonton, sementara kebanyakan dari mereka tidak bisa berbicara bahasa Inggris, mereka berpikir bahwa pria ini adalah pejuang yang hebat dan mereka menyukainya,” papar Mahathir.

“Ketika kita mengambil tindakan apa pun terhadapnya, itu berarti kita melawan kelompok itu. Di Malaysia, Anda harus sangat berhati-hati tentang cara Anda menghadapi hal ini,” tandasnya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close