Internasional

Macedonia Resmi Ganti Nama Jadi Republik Macedonia Utara

SKOPJE, SENAYANPOST.com – Republik Macedonia ukir sejarah. Mulai Selasa (12/2/2019), negara ini sah menyandang nama baru yaitu Republik Macedonia Utara, atau bisa disebut secara singkat sebagai Macedonia Utara.

Melansir dari CNN, Rabu (13/2), nama itu mulai berlaku melalui perubahan konstitusi yang diterbitkan dalam Berita Negara dan juga oleh Kementerian Luar Negeri.

Juru bicara negara Mile Boshnjavoski mengatakan meski terjadi perubahan nama, namun sebutan untuk bahasa dan penduduk masih sebagai Macedonia, bukan bahasa atau warga Macedonia Utara.

Diwartakan AFP, pemerintah telah secara resmi menginformasikan kepada PBB terkait nama baru negara tersebut.

Pada situs resmi dan akun Twitter, negara itu memperkenalkan diri sebagai Republik Macedonia Utara. Otoritas setempat juga mulai mengganti tanda-tanda pada perbatasan.

Sebelumnya, puluhan ribuan warga Yunani berunjuk rasa untuk mendesak Macedonia mengubah namanya. Alasannya, nama Macedonia sama dengan sebuah provinsi di Yunani.

Warga Yunani merasa penggunaan nama Macedonia merampas warisan dan menyiratkan klaim teritorial atas provinsi mereka.

Mereka juga menyebut wilayah Macedonia di Yunani telah dipakai sejak Alexander Agung memerintah dari tahun 336 SM.

Perselisihan antara provinsi Macedonia dan Macedonia sudah berlangsung sejak 1991, saat negara itu mendeklarasikan kemerdekaan setelah berpisah dari Yugoslavia.

Ketegangan ini bahkan telah menahan upaya Macedonia untuk bergabung dengan NATO dan Uni Eropa. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close