Mabes TNI: Letjen Andika Perkasa Layak dan Penuhi Syarat Jabat Pangkostrad

Mabes TNI: Letjen Andika Perkasa Layak dan Penuhi Syarat Jabat Pangkostrad

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mempercayakan jabatan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) kepada Letnan Jenderal (Letjen) TNI Andika Perkasa.

Markas Besar TNI memastikan promosi jabatan sebagai panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) sudah sesuai persyaratan. Andika dinilai layak untuk memimpin prajurit Kostrad.

Andika Perkasa sebelumnya menjabat sebagai Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Tentara Nasional Indonesia (Kodiklat TNI). Menggantikan Letnan Jenderal TNI Agus Kriswanto, yang diangkat menjadi Panglima Tinggi (Pati) Markas Besar TNI AD dalam rangka pensiun.

BACA JUGA: Letjen Andika Perkasa Jabat Pangkostrad

Karier melejit Andika di militer sempat disorot, mengingat menantu dari mantan Kepala BIN Jenderal (Purn) AM Hendropriyono itu baru 7 bulan menjabat Dankodiklat TNI dengan menyadang bintang tiga di pundak, dan kini langsung dipromosikan memimpin pasukan elit baret hijau.

Sebelumnya, Andika menjabat panglima Kodam XII/Tanjungpura pada 2016 dan menjabat komandan Paspampres pada 2014. Praktis, selama Jokowi menjabat, Andika Perkasa sudah tiga kali promosi jabatan dan naik pangkat.

BACA JUGA: Kiprah dan Prestasi Pangkostrad Letjen Andika Perkasa

“Saya kira kalau dari sisi kacamata kami enggak ada urusan (dia menantu Hendropriyono), semua dilakukan karena memang sudah layak, baik, memenuhi persyaratan,” kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Sabrar Fadhilah di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (23/7/2018), menjawab pertanyaan wartawan.