Nasional

Mabes Polri Siap Amankan Pilkada 2020

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Mabes Polri menegaskan siap mengamankan rangkaian pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. Karena itu, Mabes Polri akan melibatkan 2/3 dari jumlah total personelnya.

Berapa jumlah total personel yang akan dilibatkan dalam pengamanan Pilkada Serentak 2020 itu, menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono, data riil-nya akan di-update.

“Saat ini masih digodok,” kata Awi Setiyono di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Untuk menciptakan keamanan itu, lanjutnya, Polri akan menggelar Operasi Mantap Praja 2020. Dalam penciptaan pengamanan itu, Polri akan dibantu jajaran TNI dan para pemangku kepentingan terkait.

Mereka akan disebar di 270 wilayah, yakni di sembilan provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota untuk mengamankan rangkaian Pilkada.

Awi mengatakan pola pengamanan Pilkada Serentak saat ini masih digodok oleh Asisten Operasi Kapolri dengan mempertimbangkan empat aspek yakni aspek penyelenggara, peserta/ kontestan Pilkada, potensi gangguan kamtibmas dan ambang gangguan.

Pola pengamanan juga dipengaruhi hasil pemetaan kerawanan selama tahapan Pilkada Serentak 2020.

“Kemudian bagaimana potensi konflik di daerah tersebut sehubungan dengan pelaksanaan Pilkada sebelumnya seperti money politic, politik identitas, hoaks, hate speech dan black campaign,” tutur Awi. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close