Nasional

Mabes Polri Bantah Klaim ISIS sebagai Dalang Kerusuhan Mako Brimob

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Mabes Polri membantah klaim ISIS yang mengaku berada di balik kerusuhan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

“Memang di media maupun media sosial berkembang seperti itu,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen M Iqbal di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Rabu (9/5/2018).

Iqbal menambahkan, dirinya melihat tahap demi tahap, proses demi proses. “Bahwa apa yang diklaim si A, si B, dari luar dan lain-lain, itu sama sekali tidak benar,” katanya.

Menurut Iqbal, pemicu kerusuhan itu murni soal makanan. Menurutnya, tahanan di Rutan Mako Brimob memprotes soal makanan.

“Pemicunya adalah hal sepele, pemicunya adalah masalah makanan. Jadi makanan yang harus memang sesuai SOP harus diverifikasi dari kami, apakah ada barang-barang lain, itu terjadi keributan atau cekcok, itu saja. Yang lain-lain tidak ada,” ujar Iqbal.

ISIS sebelumnya menyampaikan klaim melalui Amaq News Agency, kantor berita mereka, lewat aplikasi Telegram. Pesan dalam bahasa Arab tersebut kemudian dipublikasikan melalui situs kelompok intelijen SITE.

“Biro berita Islamic State melaporkan pejuang mereka terlibat dalam pertarungan dengan unit antiteror di dalam penjara yang ada di Jakarta,” demikian pernyataan ISIS itu.

Sebelumnya, Polri mengimbau masyarakat tidak terhasut oleh informasi terkait kerusuhan tersebut yang beredar di media sosial.

“Kami mengimbau masyarakat agar tetap tenang, tidak terhasut informasi yang ada di media sosial yang beredar,” ujarnya.(JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close