Lintas Daerah

M. Iriawan: Calon Jamaah Haji Diupayakan Berangkat dari Kertajati

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Berbagai upaya akan terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar calon jamaah haji 2018 bisa diberangkatkan melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka.

“Tentunya, kita terus berupaya agar Bandara Kertajati itu bisa digunakan untuk memberangkatkan calon jamaah haji, minimal calon jamaah haji asal Jawa Barat bisa berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji itu terbangnya dari Bandara Kertajati lah. Mohon doanya, Insha Allah,” kata Penjabat Gubernur Jabar M. Iriawan di Kota Bandung, Selasa (3/7/2018).

Sebelumnya, pihak pemprov sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Dirjen Imigrasi, dan dinyatakan siap. Namun menemui hambatan ketika berhadapan dengan Kementerian Agama.

“Ini ada yang belum siap dari Kementerian Agama, tapi kita tetap berupaya maksimal agar bisa berangkat dan kita sedang negosiasi juga dengan Kementerian Agama,” jelasnya.

Belum adanya embarkasi haji di wilayah Majalengka merupakan salah satu hal yang membuat Kementerian Agama belum bisa mengizinkan BIJB untuk pemberangkatan calon jamaah haji.

“Itu kalau sudah masuk embarkasi haji, itu jaminan tidak keluar lagi jamaah, 24 jam diam di sana. Ada pemeriksaan ini itu, administrasi, kesehatan, alat-alat. Ini yang dikhawatirkan Kemenag. Dan juga harus steril, kalau di Bekasi (embarkasi) sudah demikian,” tambah dia. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close