LPDB: Peluang Kalsel Mendapatkan Bantuan Dana Sangat Besar

LPDB: Peluang Kalsel Mendapatkan Bantuan Dana Sangat Besar

BANJARMASIN, SENAYANPOST.com – Wilayah di Kalimantan Selatan memiliki potensi besar untuk dikembangkan dalam bidang pertanian, perkebunan dan pertambangan.

Untuk pengembangan sentra ekonomi itu, Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) siap membantu pembiayaan dengan cara yang lebih mudah dan efisien.

“Pengembangan ini harus didorong, dan kami mendorongnya dengan mempermudah proses pembiayaannya,” kata Dirut Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Braman Setyo, pada sosialisasi dan bimbingan teknis penyaluran dana bergulir di Banjarmasin, Rabu (18/7/2018).

Menurut Braman Setyo, jumlah koperasi dan UMKM di Kalsel mencapai lebih ratusan ribu,  namun ternyata yang menyerap dana dari LPDB masih sangat minim. 

“Sejak LPDB berdiri hingga sekarang,  Kalsel baru menyerap sekitar Rp50 miliar saja,  ini sangat minim,  padahal potensi untuk penyerapannya sangat besar,” katanya.

Ia menambahkan, kendala utama hal ini adalah kurangnya sosialisasi kepada pelaku usaha. Karena itu pihaknya melakukan sosialisasi secara inklusif  dengan bekerjasama Dinas Koperasi dan UMKM, Jamkrindo dan Jamkrida Kalsel.

“Saya berharap dengan sosialisasi yang diikuti lebih 200 pelaku usaha dan koperasi di Kalsel. Penyerapan dana bisa lebih besar lagi,” harapnya. 

Sementara itu,  Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kalsel Gustafa Yandi berharap,  peserta sosialisasi LPDB ini bisa memanfaatkan kesempatan dan segera menyiapkan proposal usaha untuk bisa mendapatkan dana bergulir dari LPDB. 

“Sekarang prosesnya juga semakin mudah dan syaratnya juga tidak terlalu sulit, saya berharap koperasi dan UMKM di Kalsel bisa semakin banyak yang terakses,” harapnya. (JS)