Ekonomi

LPDB-KUMKM Genjot Pembiayaan di Sumatera Utara

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) menggenjot penyaluran pembiayaan ke daerah-daerah di luar Jawa dan Bali.

Salah satu sasaran yang kini menjadi fokus LPDB-KUMKM adalah Provinsi Sumatera Utara. Karena di wilayah ini belum banyak Koperasi dan UKM yang mendapatkan dana bergulir.

“Padahal koperasi dan UKM di Sumatera Utara sebagian besar bergerak di sektor riil, seperti pengelolaan kakao, karet dan kopi yang prosesnya memberikan nilai tambah lebih,” kata Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Karena itu, Braman Setyo berharap, koperasi dan UKM di Sumatera Utara lebih banyak lagi yang bisa memanfaatkan pembiayaan dari LPDB-KUMKM.

Terkait berapa besar alokasi dana yang akan digulirkan oleh LPDB-KUMKM untuk Provinsi Sumatra Utara, menurut Braman Setyo, semuanya tergantung kebutuhan dari masing-masing koperasi.

“Jika tahun lalu sekitar Rp161 miliar, maka ditargetkan lebih dari itu. Bisa Rp200 miliar, Rp300 miliar. Saya berharap Dinas Koperasi dan UKM bisa mendata kebutuhannya,” kata Braman.

Ia juga menggarisbawahi, dari dana pembiayaan sebesar Rp161 miliar yang dikucurkan di Sumatra Utara untuk 700 mitra, sebagian besar koperasi lancar mengembalikan dana pinjaman tersebut.

“Dari catatan LPDB-KUMKM, Provinsi Sumatra Utara berada pada posisi terbaik dalam tingkat kolektabilitas atau kelancaran pembayaran cicilan,” kata Braman Setyo.

Sebelumnya, pada Selama (17/4/2018) Braman Setyo menghadiri Rapat Sosialisasi LPDB-KUMKM dengan 100 koperasi di Kantor Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close