Nasional

Lokasi Bekas Tambang Emas Diberdayakan untuk Perikanan

JAMBI, SENAYAPOST.com – Masyarakat sekitar lokasi bekas penambangan emas tanpa izin (PETI) diminta Gubernur Jambi, Zumi Zola, memanfaatkan lahan pascatambang untuk budi daya ikan, baik dengan keramba maupun sistem lepas di kolam.

“Lokasi bekas tambang emas bisa dimanfaatkan untuk budi daya ikan,” ujar Gubernur Zola, di Muarobungo, Jumat (16/3/2018).

Zola mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lokasi bekas tambang emas di wilayah masing-masing menjadi lokasi budi daya ikan guna menunjang perekonomian keluarga dan juga meningkatkan angka konsumsi ikan.

Masyarakat Rimbo Tengah, jelas dia, tidak ingin melihat lahan bekas tambang emas ilegal terbengkalai. Sebab itu, warga setempat memanfaatkannya untuk budi daya ikan yang pastinya memberikan manfaat ekonomi.

Hasil panen ikan di lahan bekas tambang emas seluas lima hektare itu bahkan mencapai satu hingga dua ton per hari. Dengan asumsi dua ton ikan bisa mencapai angka Rp30 juta untuk satu malam yang dikeluarkan.

Sebagai upaya peningkatan produksi ikan di Kabupaten Bungo khususnya, Pemprov Jambi telah menyiapkan bantuan satu unit alat pakan ikan untuk desa Sungai Buluh Kecamatan Rimbo Tengah, serta benih ikan bantuan yang direncanakan sebangak 200 ribu ekor untuk dibagikan ke petani setempat. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close