Lokasi Balap Formula E Jakarta Bakal Diumumkan Akhir November

Lokasi Balap Formula E Jakarta Bakal Diumumkan Akhir November

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Kepastian lokasi penyelenggaraan balap mobil Formula E di Jakarta akan diumumkan pada akhir November mendatang. Saat ini, Pemprov DKI Jakarta masih menunggu tinjauan dari Formula E Operation (FEO) terhadap beberapa opsi venue yang sudah diajukan.

"Kami sedang menunggu tim FEO bulan ini, targetnya pertengahan November, kemudian dia harus karantina 5 hari dulu. Kemungkinan penentuan akhir November," kata Direktur Jakpro Gunung Kartiko, Jumat (5/11/2021).

Sejauh ini Gunung belum bersedia menjelaskan lima lokasi alternatif untuk gelaran balap mobil listrik itu. Yang jelas, kata dia, Formula E tidak akan digelar di Monas.

"Beberapa waktu lalu pak Wagub sudah menyampaikan juga. Mungkin kita tidak usah spesifik, yang jelas saya sampaikan waktu itu tidak di Monas, supaya enggak jadi pertanyaan dari masyarakat atau yang lain, jadi alternatif-alternatif ini tunggu keputusan aja akhir November," katanya.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan penyelenggaraan Formula E tidak akan dibebankan lagi pada APBD DKI.

Baca Juga

"Kalau itu firm tidak ada, dan teman-teman di DPRD sudah menyatakan itu, tidak ada lagi APBD untuk penyelenggaraan, semua murni bisnis dari Jakpro," katanya.

Diketahui, Jakarta resmi jadi tuan rumah Formula E 2022. Keputusan itu ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris, Jumat (15/10).

Forum tersebut turut meratifikasi kalender balapan musim ke-8 tahun 2021/2022 mendatang.

Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia. Longo juga menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, penyelenggaraan Formula E di Ibu Kota sejalan dengan upaya Presiden Joko Widodo mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional.

"Hadirnya Formula E di Jakarta sejalan dengan upaya Presiden Jokowi dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan," kata Anies dalam unggahannya di akun Instagram @aniesbaswedan, Sabtu (16/10). (Jo)