Lintas Daerah

LIPI Bantu Pemulihan Citarum

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Loka Penelitian Teknologi Bersih (LPTB) akan membantu pemulihan Sungai Citarum.

Kepala LPTB LIPI, Sri Priatni mengatakan sumber pencemaran terbesar Citarum berasal dari limbah rumah tangga yang tidak terolah, menyumbang hingga 70 persen dari total pencemar.

“Yang kedua adalah limbah kotoran ternak dan limbah sisa industri yang sebagian besar termasuk jenis limbah yang berbahaya yang sulit diuraikan secara alami,” jelasnya di Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI Bandung, Kota Bandung, Senin (25/3/2019).

Fokus utama LIPI adalah penanganan Citarum di daerah hulu, kata Sri, karena ada delapan anak sungai yang melewati permukiman padat di Bandung Raya.

“Di sana juga porsi polutannya lima persen,” paparnya.

Terkait limbah yang berasal dari WC warga, LPTB LIPI telah mengembangkan teknologi toilet pengompos yang sesuai untuk diterapkan di lingkungan yang sulit air bersih dan kekurangan sarana sanitasi.

Toilet ini bisa menggantikan keberadaan WC umum sepanjang aliran anak sungai Citarum sehingga polusi kotoran manusia bisa dikurangi dan kualitas sanitasi masyarakat bisa meningkat. Komposnya bisa dipergunakan tanaman, katanya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close