Hot Isu

Lima Taipan Ini Memulai Karirnya Sebagai Guru, Siapa Saja?

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Profesi guru kerap dianggap kurang menjanjikan dari sisi ekonomi, tak hanya di Indonesia, melainkan juga di berbagai penjuru dunia. Guru identik dengan sosok sederhana, pengayom, mulia, berjasa, dan istilah altruistik lainnya.

Tetapi profesi guru bukan berarti tidak bisa membuat seseorang menjadi kaya. Bahkan, beberapa orang berhasil memiliki kekayaan melimpah karena menjadi pimpinan perusahaan besar atau yang sering disebut taipan. Berikut lima miliarder yang awalnya berprofesi pengajar yang dirangkum oleh iNews.id dari berbagai sumber:

1. Jack Ma

Siapa yang tak kenal Jack Ma? Bos Alibaba ini dengan kekayaan Rp555 triliun ini awalnya berprofesi sebagai guru bahasa Inggris di China.

Ma menyebut, kariernya sebagai guru membantunya menjadi pengusaha. Meski tak punya ilmu pemasaran, modal, dan gaptek, dia memiliki satu keahlian: mengidentifikasi sekaligus mengajarkan talenta untuk tumbuh dan berkembang. Keahlian tersebut diakuinya memiliki peran strategis membesarkan Alibaba.

Kecintaan Ma terhadap pendidikan tidak luntur meski menjadi miliarder. Saat mengumumkan pensiun pada 2018 lalu, Ma mengaku ingin kembali mengajar dan memakai sebagian uangnta untuk meningkatkan sistem pendidikan di China.

2. Zhong Huijuan

Zhong Huijuan merupakan CEO Hansoh Pharmaceutical Group Co. Perusahaan obat psikotropika terbesar di China ini baru saja IPO sehingga membuat Zhong menjadi perempuan terkaya di Asia dengan kekayaan mencapai Rp172 triliun.

Sebelum mendirikan Hansoh, dia merupakan guru kimia. Zhong memutuskan keluar dari profesinya dan membentuk perusahaan bersama suaminya Sun Piaoyoang pada 1995.

Zhong yang kini berusia 58 tahun merupakan alumni Jiangsu Normal University jurusan kimia. Dia lulus pada Juli 1982 dan mengajar mata pelajaran kimia di SMA Yan’an di Lianyungang pada awal 1990-an.

3. Byju Raveendran

Byju merupakan orang kaya baru di India. Pria 39 tahun ini menjadi miliarder dengan harta Rp27 triliun setelah mengembangkan aplikasi belajar yang disokong oleh sekelompok investor, termasuk Mark Zuckerberg.

Lulusan teknik mesin Government Engineering College Kerala ini lahir dari keluarga guru. Ayahnya guru fisika sementara ibunya mengajar matematika. Byju memilih menjadi tutor profesional yang membantu calon MBA memecahkan masalah matematika.

Kelihaiannya di bidang matematika membuat dirinya sangat populer hingga memiliki 20 ribu murid. Dia mulai merekam saat mengajar dan kemudian membuat aplikasi pada 2011. Aplikasinya populer hingga dibiayai Zuckerberg dan kini bekerja sama dengan Harvard University.

4. Gary Tharaldson

Tharaldson adalah orang terkaya di North Dakota AS dengan harta sekitar Rp14 triliun. Lulus dari North Dakota State University jurusan dual degree (administrasi bisnis dan olahraga) membuatnya menjadi guru olahraga.

Tharaldson sempat berganti pekerjaan menjadi agen asuransi sebelum akhirnya berbisnis real estate pada 1982. Dia awalnya membeli motel hingga menjadi puluhan hotel. Bisnis tersebut mengantarkannya menjadi satu-satunya miliarder di North Dakota.

5. Liu Yachao

Pada tahun ini, Liu mencatatkan dirinya sebagai orang terkaya nomor 336 di China dengan harta lebih dari Rp16 triliun. Saat ini, dia menjabat sebagai COO di TAL Education Group, salah satu perusahaan pendidikan terbesar di China.

Liu yang kini berusia 37 tahun ikut mendirikan TAL dan menjadi guru matematika. Kariernya terus naik di perusahaan itu hingga menjadi direktur. Dia juga mengempit 4,7 persen saham di perusahaan tersebut.

Tren masyarakat China yang belanja rata-rata Rp600 juta per tahun untuk kursus membuat TAL semakin besar. Tingginya tingkat permintaan tersebut membuat valuasi TAL saat ini mencapai hampir Rp300 triliun.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close